Better You

Ubah Kebiasaan Makan Agar Lebih Produktif

  by: Silvya Winny       28/7/2015
  • Bukan hanya tidur malam berkualitas dan rutin berolahraga saja yang berperan meningkatkan produktivitas Anda, kebiasaan makan pun sangat berpengaruh lho. Dengan mengubah kebiasaan lama dan memulai yang baru, niscaya Anda bisa lebih produktif saat bekerja.

    Hindari Junk Food

    Jangan biasakan makan burger atau kentang goreng di restoran cepat saji saat jam istirahat hanya karena tidak memakan waktu. Makanan yang memiliki sedikit kandungan nutrisi seperti itu mengandung lemak trans dan lemak jenuh sehingga bisa membuat Anda lemas serta mengurangi konsentrasi saat bekerja.



    Hati-Hati dengan Kafein

    Saat merasa produktivitas berkurang, tiga cangkir espresso bukan solusi utama. Mengonsumsi kafein terlalu banyak di siang hari berdampak negatif pada tidur di malam hari sehingga mengurangi produktivitas Anda esok paginya. Nah, agar bisa tetap produktif sepanjang hari, konsumsi sedikit kafein seperti secangkir teh hijau saja.

    Biasakan Minum Air

    Ketika tubuh dehidrasi, darah akan mengental dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras. Inilah yang membuat Anda mudah lelah saat bekerja. Oleh sebab itu biasakan minum air putih karena selain menyegarkan tubuh, minum air juga bisa menyalurkan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

    Konsumsi Makanan Berserat



    Manfaat mengonsumsi makanan berserat dapat memperlambat dan menstabilkan pencernaan tubuh. Ini berarti tenaga Anda akan tidak mudah terkuras sehingga Anda bisa lebih produktif dalam menjalani hari.

    Konsumsi Makanan Omega 3

    Kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, serta makanan lain yang mengandung omega 3 dapat mengembangkan sel-sel otak serta membantu tubuh menyimpan karbohidrat yang bisa diolah menjadi energi. So, usahakan untuk selalu menyertakan makanan beromega 3 untuk membantu menjaga konsentrasi.

    Makan Porsi Kecil Tapi Sering

    Kebiasaan ini adalah cara yang baik untuk menjaga kadar gula darah agar tetap konstan sehingga tak mudah lemas. Jika Anda makan sekali dengan porsi besar, gula darah akan naik dan turun secara drastis. Inilah penyebab tubuh cepat letih serta mengurangi produktivitas. (Soca Massardi/VP/Image: doc. www.hitflix.com)