Better You

Alasan Payudara Anda Terasa Nyeri

  by: Silvya Winny       8/7/2015
  • Payudara yang terasa nyeri sering dikaitkan dengan gejala penyakit kanker. Padahal, tidak semua penyebab dari payudara nyeri adalah penyakit mematikan tersebut. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di payudara Anda.

     

    PMS



    Penyebab paling umum yang mengakibatkan payudara terasa nyeri adalah perubahan hormon ketika menstruasi. Hal ini terutama terjadi sebelum siklus dimulai atau ketika PMS (Premenstrual Syndrome). Jenis nyeri ini disebut nyeri siklik, karena berkaitan dengan siklus menstruasi Anda. Rasa nyeri biasanya akan menghilang setelah menstruasi berakhir. Pil KB dan minyak primrose juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

     

    Bra yang Tidak Tepat

    Yup, bra bisa menjadi alasan rasa nyeri pada payudara Anda. Bahkan, mengenakan bra yang tidak sesuai memiliki konsekuensi yang cukup serius. Jika bra yang dikenakan terlalu ketat atau kecil, kawat pada bra dapat menekan payudara Anda. Sedangkan, bra yang terlalu besar tidak dapat menyangga payudara dengan baik sehingga rasa nyeri mudah muncul.

     

    Tidak Mengenakan Sports Bra Saat Olahraga



    Tidak menggunakan sports bra saat berolahraga juga menjadi penyebab dari rasa nyeri yang kerap dialami. Ini karena gerakan saat berolahraga dapat menarik jaringan pada payudara. Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa satu dari tiga pelari maraton mengalami rasa nyeri pada payudara. Sebaiknya selalu gunakan sports bra yang tepat dan nyaman selama Anda berolahraga.

     

    Olahraga

    Apakah Anda sering melakukan olahraga yang berat? Hal ini bisa menjadi penyebab dari rasa nyeri yang terjadi pada payudara. Gerakan seperti push-up dapat membuat otot-otot di bawah payudara tegang sehingga payudara pun terasa nyeri. Sebaiknya gunakan heating pads setelah berolahraga untuk meredakan rasa sakit.

     

    Terlalu Banyak Kafein

    Kopi dan teh memang tidak dapat secara langsung menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Namun, beberapa studi menemukan bahwa mengurangi kafein dapat membantu meringankan rasa nyeri tersebut. Well, tiga cangkir kopi setiap hari memang terlalu banyak, dear. Tidak ada salahnya mengurangi kafein untuk payudara yang lebih sehat. (Hana Devarianti / VP / Image: g-stockstudio/iStock/468004693)