Better You

4 Manfaat Pisang Sebagai Menu Sahur

  by: Silvya Winny       10/7/2015
  • Ada banyak pilihan buah yang bisa Anda konsumsi untuk sahur. Namun, tak ada yang seperti pisang karena buah ini memiliki empat manfaat tersendiri. Tak percaya? Minions saja suka, lho!

     



    1. Menaikkan Mood

    Pisang kaya dengan kandungan vitamin B6 yang kemudian akan diproses oleh tubuh menjadi serotonin yang mampu membuat mood Anda menjadi lebih baik. Puasa tak hanya menahan haus dan lapar, melainkan juga emosi dan amarah kan, dear.

     

    2. Mengenyangkan dan Mengikat Lemak

    Glikemia merupakan konsentrasi gula dalam darah. Mengonsumsi pisang akan membuat kadar gula dalam darah naik secara perlahan. Hal ini baik untuk mengatasi anemia. Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi juga mampu mengenyangkan dan mengikat lemak.



     

    3. Mengatur Cairan dan Elektrolit

    Potasium adalah kandungan yang berguna untuk melebarkan pembuluh darah. Hal ini membuat pisang baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga Anda tidak mudah stres. Selain itu, kandungan kalium juga membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali.

     

    4. Menurunkan Berat Badan

    Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Selain itu, pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Serat pada pisang akan membantu menurunkan berat badan dengan melancarkan proses metabolisme. Konsumsi dua buah pisang dalam sehari cukup untuk menjaga kondisi tubuh Anda. (Alvin Yoga / VP / Image: Thinkstock Photos)