Better You

Tips Menjaga Energi Tubuh Sepanjang Hari

  by: Silvya Winny       29/7/2015
  • Hari masih pagi tetapi Anda sudah merasa lelah? Jangan khawatir, dear. Tidak sulit untuk menjaga energi tubuh dan tetap tampil produktif untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Berikut adalah tips Cosmo untuk menjaga energi tubuh sepanjang hari.

    Jangan Sampai Dehidrasi

    Dehidrasi adalah alasan umum dari rasa lelah yang kerap dialami. Dehidrasi akan menyebabkan kurangnya oksigen dalam aliran darah. Cobalah untuk memulai hari Anda dengan minum air segera setelah bangun tidur di pagi hari. Kemudian pastikan untuk minum setidaknya 2 liter air sehari.



    Sarapan

    Sarapan adalah waktu makan paling penting sepanjang hari. Meskipun memiliki pagi hari yang sibuk, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein dan karbohidrat saat sarapan karena ini justru dapat menyebabkan rasa lelah di siang hari. Lebih baik konsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat kompleks untuk menyeimbangkan gula darah dan menjaga energi tubuh.

    Olahraga

    Yup, untuk menjaga energi tubuh, Anda harus rutin berolahraga. Aktivitas ini dapat memberikan dorongan energi sepanjang hari. Jika Anda memulai hari dengan olahraga, metabolisme tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini mencegah rasa lelah di siang hari.



    Stretching Ringan

     Jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat berolahraga, setidaknya lakukan stretching ringan setiap hari. Gerakan peregangan tubuh dapat meningkatkan sirkulasi dan menyingkirkan ketegangan atau stres yang dapat menimbulkan rasa lelah. Lakukan hal ini di pagi hari untuk “membangunkan” tubuh Anda.

    Snack Cerdas

    Permen, coklat, atau kue ulang tahun yang dibagikan di kantor memang terlihat menggoda. Namun, makanan tersebut tidak dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Ketika rasa lelah mulai menyerang menghindari makanan bergula yang tidak sehat. Pilih karbohidrat sehat dan makanan ringan berupa protein kemasan untuk meningkatkan gula darah dan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan. (Hana Devarianti / VP / Image: nypost.com)