Career

Improve Your Time Management

  by: RedaksiCosmopolitan       22/7/2015
  • Hilangkan rasa panik Anda saat berhadapan dengan deadline dan kerjaan yang menumpuk. Mau tahu caranya supaya selesai tepat waktu? Yuk, simak.

    Membuat Rencana
    Buatlah rencana sebelum Anda mengerjakan tugas. Sebaiknya perencanaan dibuat untuk tiga minggu ke depan agar Anda tahu betul pekerjaan mana yang harus cepat selesai dan pekerjaan mana yang tidak terlalu membutuhkan effort besar. Setelah itu, tentukan perencanaan yang matang dan tepat. Dengan membuat perencanaan yang pasti, Anda akan memiliki panduan yang jelas dalam menyelesaikan tugas.

    Fokus Pada Tugas
    Setelah selesai membuat perencanaan, saatnya Anda fokus dan mulai menyelesaikan pekerjaan. Agar lebih efektif dan efesien, cobalah  tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Jauhkan diri Anda dari gangguan seperti handphone, e-mail, atau TV supaya Anda bisa fokus dan tidak terdistraksi ketika menyelesaikan pekerjaan.



    Tidak Menunda Pekerjaan
    Jangan pernah menunda pekerjaan. Sekali menundanya, pasti akan berefek terhadap pekerjaan Anda yang lain (juga diri Anda sendiri). Anda bisa melakukan beberapa trik agar tidak terjebak dalam “drama penundaan.” Caranya? Kerjakan tugas paling sulit terlebih dahulu. Bila Anda sudah selesai mengerjakannya akan lebih gampang menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah.



    Perhatikan Deadline
    Cosmo mengerti, melihat jadwal deadline pekerjaan bisa membuat Anda frustasi. Tetapi tenang dulu, dear.  Tuga-tugas akan selesai tepat waktu bila Anda benar-benar mengikuti tenggat waktu yang telah diberikan. Namun, tidak ada salahnya lho Anda mencoba membuat deadline sendiri sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari deadline yang sebenarnya. Intinya, stay on schedule.

    Pahami Ritme Kerja
    Apakah Anda sudah mengenal ritme bekerja Anda? Apakah Anda lebih lancar mengerjakan pekerjaan di pagi hari atau mungkin di sore hari dimana otak Anda sudah “on” untuk menyelesaikan pekerjaan? Bila Anda merasa lebih “on” dan lancar menyelesaikan di pagi hari, kerjakanlah di pagi hari. Ritme kerja yang Anda miliki mempengaruhi Anda dalam menyelesaikan tugas. Hal ini juga berkaitan dengan deadline maupun konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.