Career

5 Trik Diam-Diam Berburu Pekerjaan Baru

  by: Silvya Winny       21/7/2015
  • Dengan berbagai alasan, akhirnya Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru tanpa mau mengambil risiko untuk meninggalkan pekerjaan saat ini sebelum mendapatkan yang baru. Well, face it ladies, tagihan tetap berjalan! Karena itu, Anda tetap harus memiliki strategi dan bersikap profesional saat “berburu” pekerjaan lain ketika masih berkutat di kantor sekarang. Here are some tips you should know.

    Atur Jadwal Wawancara
    Sebisa mungkin atur jadwal wawancara Anda agar tidak bentrok dengan jam kantor, misalnya saat jam istirahat atau akhir pekan. Ceritakan kondisi Anda agar perusahaan tempat Anda melamar bisa memakluminya.



    Hindari Media Sosial
    Harap bersabar untuk tidak mengunggah apapun di media sosial terkait pekerjaan baru hingga mendapat kepastian, ladies. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya pertanyaan dari rekan-rekan kantor, apalagi atasan Anda.

    Jangan Gunakan Fasilitas Kantor
    Hindari menyimpan CV dan surat lamaran di komputer kantor. Selain itu, jangan pernah menggunakan printer kantor untuk mencetak CV dan surat lamaran Anda.




    Bawa Pakaian Ganti
    Bawalah pakaian ganti di hari wawancara. Jangan sampai tiba-tiba Anda muncul dengan blazer, kemeja, rok pensil, dan stiletto di kantor yang semua karyawannya berpakaian kasual. Tak mau kan jadi pusat perhatian karena salah kostum?

    Gunakan E-mail Pribadi
    Cek kembali alamat e-mail yang Anda gunakan sebelum mengirim lamaran ke manajer SDM perusahaan baru. Siapa tahu Anda lupa menggunakan e-mail pribadi dan malah memakai e-mail kantor. Akan timbul pertanyaan jika saat itu rekan kerja sedang meminjam komputer dan ia melihat e-mail lamaran kerja Anda. (Soca Massardi/VP/Image: various)