Better You

5 Alasan Tertawa Membuat Anda Lebih Sehat dan Bahagia

  by: Silvya Winny       24/7/2015
  • Banyak yang mengatakan tertawa itu menyehatkan. Memang benar! Penelitian pun membuktikan bahwa orang yang sering tertawa cenderung lebih sehat dan bahagia, lho. Inilah lima alasan Anda harus tertawa setiap hari.

    Menyehatkan Pernapasan

    Tertawa membuat paru-paru terisi lebih banyak oksigen, meregangkan otot di sekitar paru-paru, memacu jantung, dan bisa menyegarkan seluruh tubuh.



    Menurunkan Rasa Cemas dan Takut

    Rasa cemas dan takut amat terkait dengan kondisi emosi. Hal tersebut bisa berkurang kalau Anda sering tertawa. Yup, tertawa dapat memacu tubuh mengeluarkan hormon dipamin, serotonin, dan endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati.

    Menurunkan Risiko Sakit Jantung

    Studi dari The University of Maryland menemukan bahwa ada kaitan antara tertawa dan kesehatan kardio. Nah, tertawa akan memperbaiki jaringan di pembuluh darah yang bisa melancarkan peredaran darah. 



    Mengurangi Stres

    Berdasarkan penelitian ilmuwan dari Indiana State University, tertawa tak hanya bisa mengurangi stres tapi juga membantu penyembuhan kanker. Hal ini disebabkan karena tertawa menurunkan hormon stres.

    Terlihat Lebih Muda

    Orang yang suka tertawa biasanya wajahnya lebih bersinar, lho. Ini akan membuat Anda terlihat muda dan lebih cantik. Jadi jangan sungkan tertawa lepas di tempat yang tepat. Sulit tertawa? Coba pancing saja dengan film komedi. (Soca Massardi/SW/Image: various)