Career

Ubah Kebiasaan Keuangan Ini Sebelum Menyesal

  by: Silvya Winny       16/7/2015
  • Tanpa Anda sadari, kebiasaan Anda sehari-hari yang terkesan sepele rupanya bisa memengaruhi kondisi keuangan Anda di masa depan, lho. Kalau Anda sering melakukan kebiasaan berikut ini, segera ubah sebelum menyesal, ladies.

     

    Belanja Demi Kesenangan
    Hindari belanja berlebihan saat Anda sedang mengalami hari yang kurang menyenangkan. Mencampuradukkan perasaan dan uang demi kesenangan sementara bisa membahayakan keuangan di masa depan. Daripada belanja, lebih baik uangnya ditabung saja, dear.



     

    Tak Punya Tabungan Darurat
    Jangan hanya mengandalkan satu rekening tabungan meski menurut Anda satu rekening cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Jika suatu hari ada hal darurat, Anda jadi terpaksa harus menggunakan uang tersebut, kan? Maka, sangat dianjurkan untuk menyisihkan sedikit gaji Anda lalu simpan di rekening lain untuk keadaan darurat.

     



    Memilih untuk Tidak Berinvestasi
    Kata 'investasi' memang terdengar berat dan membingungkan, tapi hal itulah yang bisa menyelamatkan keuangan Anda di masa depan. Coba minta nasehat ahli finansial untuk merencanakan investasi pertama Anda.


    Mengeluarkan Uang untuk Hal yang Tidak Perlu
    Jangan paksakan untuk membeli gadget terbaru jika keadaan keuangan Anda sedang terhimpit. Tak ada salahnya memang untuk menyenangkan diri sendiri, tapi sebelumnya tanyakan pada diri Anda apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan mengapa Anda membutuhkannya.

     

    Orientasi Uang Daripada Perkembangan Karier
    Apakah Anda termasuk orang yang memilih pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan menolak gaji yang lebih rendah namun menawarkan jenjang karier? Sebenarnya, memilih pekerjaan yang menjanjikan jenjang karier jauh lebih baik. Selain Anda bisa belajar banyak dan mendapat promosi, gaji Anda pun akan naik seiring waktu, kok.