Career

6 Anggapan yang Salah Mengenai Kartu Kredit

  by: Silvya Winny       17/7/2015
  • Wanita tak pernah lepas dari belanja, termasuk Anda pastinya. Untuk memenuhi hasrat tersebut, mungkin seringkali kartu kredit menjadi opsi utama. Namun tahukah Anda, beberapa anggapan mengenai kartu kredit di bawah ini ternyata kurang tepat?

     

    ?Membatalkan Pembuatan Kartu Kredit



    Membatalkan pembuatan kartu kredit sama sekali bukan pilihan yang baik. Pihak bank yang sedang mengurus proses pengajuan kartu kredit Anda memang memperbolehkan Anda melakukannya. Namun, bukan tidak mungkin bila nama Anda akan terekam di kemudian hari sehingga akan menyulitkan untuk mengajukan permintaan pembuatan kartu kredit di kemudian hari. Selain itu, ada kemungkinan nama Anda akan diketahui oleh bank lainnya lewat track record. Ups!

     

    Hanya Memiliki Satu Kartu Kredit

    Memiliki satu kartu kredit saja memang baik, namun sebaiknya Anda memiliki kartu kredit lain sekadar untuk berjaga-jaga. Jika suatu saat terjadi sesuatu pada kartu kredit Anda dan Anda sedang berada di kasir, setidaknya Anda sudah punya cadangannya bukan?

     

    Tidak Pernah Menggunakan Kartu Kredit

    Lalu, untuk apa Anda membuat kartu tersebut, dear? Memang betul Anda tidak ingin “dicap” sering berhutang, namun percayalah, pihak bank akan lebih senang jika Anda menggunakan kartu tersebut sesekali.

     



    Mengajukan Pembuatan Beberapa Kartu Kredit Bersamaan

    Boleh-boleh saja tergiur dengan promo yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit, namun sebaiknya Anda mengajukan aplikasi kredit tersebut satu per satu. Jangan membuat kartu kredit bersamaan, apabila Anda ditolak oleh salah satu bank pemberi kartu kredit, track record Anda mungkin saja muncul dan berpengaruh langsung pada kartu kredit lainnya.

     

    Limit yang Kecil Untuk Setiap Kartu Kredit

    Limit yang kecil memang membantu Anda agar tidak tergiur untuk terus berbelanja, namun jangan aplikasikan hal tersebut pada setiap kartu kredit Anda. Naikkan limit untuk satu atau dua kartu kredit. Jika suatu saat nanti Anda ingin membeli keperluan rumah tangga seperti TV atau kulkas baru, Anda pasti membutuhkan limit yang cukup besar, bukan?

     

    Bayar Secukupnya

    Anda memang sudah membayar tagihan tepat waktu, namun pastikan seluruh tagihan tersebut dibayar lunas. Selain itu, apabila jumlah tagihan yang harus Anda bayar berangka ganjil, genapkan saja angkanya. Semisal, jumlah tagihan Anda Rp388,900,-, maka bulatkan saja menjadi Rp390,000,-. Pihak bank akan menghargai Anda sehingga hubungan tersebut akan semakin baik. (Alvin Yoga / SW / Image: Various)