Better You

Menghadapi Masalah Dengan Tenang

  by: Silvya Winny       22/7/2015
  • Memang tidak mudah, tapi menurut para ahli saraf, bersikap tenang di bawah tekanan dapat dipelajari. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

     

    Bernapas Perlahan



    Yup, kegiatan ini memang ampuh untuk membuat Anda merasa tenang. Saat panik menyerang, coba bernapas lebih perlahan. Oksigen yang masuk lebih banyak ke dalam tubuh akan menstimulasi reaksi parasimpatis pada otak yang dapat membantu Anda merasa lebih tenang.

     

    Ubah Perspektif



    Saat semua berjalan tidak sesuai dengan rencana, mudah bagi Anda untuk berubah menjadi Miss Panic. Seringkali emosi itu muncul karena persepsi buruk yang diciptakan oleh diri sendiri. Coba ubah perspektif menjadi lebih positif. Dengan begitu, Anda dapat lebih tenang memikirkan jalan keluar.

     

    ?Berhenti (Terlalu) Memikirkan Kemungkinan Terburuk

    Memikirkan kemungkinan terburuk memang diperlukan agar Anda selalu memiliki backup plan. Namun, berlarut-larut memikirkannya hanya akan membuat stres. Rasa tenang justru akan datang ketika Anda mulai menjalankan backup plan. (Hana Devarianti / FT / Image: Various)