Beauty

6 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Conditioner

  by: Ainjia Phioltia Paat       30/7/2015
  • Cosmo readers, pemakaian conditioner merupakan tahapan penting saat keramas jika Anda menginginkan rambut yang senantiasa sehat dan terawat. Akan tetapi, penggunaan yang tidak sebagaimana mestinya malah bisa mengakibatkan pemborosan atau bahkan kerusakan rambut lho! Yuk, simak apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan saat memakaikan conditioner pada rambut dan hindarilah sedapat mungkin.

    1. Mengusapkan conditioner dengan menggunakan tangan
    Jika biasanya Anda hanya memakai conditioner dengan menggunakan jemari atau telapak tangan, saatnya untuk mencoba mengaplikasikannya dengan menggunakan sisir bergigi jarang agar hasilnya pun lebih merata dan tidak meninggalkan rasa lengket yang berlebihan sesudah pemakaian.
    2. Menggunakan conditioner yang tidak sesuai dengan tipe rambut Anda
    Jika Anda termasuk orang yang kerap mewarnai rambut secara permanen, misalnya, maka gunakanlah tipe conditioner khusus seperti halnya Anda menggunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan perawatan yang lebih sesuai.
    3. Memakai conditioner dimulai dari kulit kepala
    Kebalikan dari menggunakan sampo, mulailah mengaplikasikan conditioner dari ujung-ujung rambut terlebih dulu, kecuali jika Anda memiliki rambut yang benar-benar kering dan rusak di bagian akarnya.
    4. Buru-buru membilas conditioner setelah memakainya
    Sesudah aplikasi, sempatkan untuk mendiamkan conditioner tersebut beberapa saat agar formulanya dapat menghidrasi rambut dengan sempurna. Sambil menunggu, Anda dapat memanfaatkan beberapa menit yang terlewat dengan melakukan hal lain seperti aplikasi body scrub, membersihkan wajah, dan lain sebagainya. 
    5. Membilas conditioner dengan menggunakan air hangat
    Mengguyur kepala dengan air dingin sehabis keramas memang mungkin terdengar kurang nyaman bagi Anda, ladies. Tapi begitulah satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengunci nutrisi yang diberikan oleh conditioner Anda secara sempurna. Tidak hanya itu, air dingin juga mampu menutup kutikula rambut sehingga setiap helainya nampak semakin berkilau!
    6. Membilas conditioner sampai kesat
    Para ahli rambut sepakat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membilas conditioner adalah hanya selama 1 menit saja. Lebih dari itu, semua manfaat produk yang seharusnya dibiarkan tinggal di permukaan rambut untuk melembapkannya akan terbuang sia-sia!
    (Melur Pinilih/AP/Image: Depositphotos)