Lifestyle

Kini Jadwal Transjakarta Bisa Dicek Real Time!

  by: Redaksi       21/7/2016
  • Google Maps Indonesia resmi meluncurkan produk barunya yang bekerjasama dengan TransJakarta. Yes ladies, sekarang Anda bisa mengetahui dengan pasti secara real time rute dan waktu tiba bus TransJakarta yang beroperasi di ibukota.

    Diluncurkan hari ini tanggal 21 Juli 2016 di Miss Choo, Senopati, Google Indonesia langsung menghadirkan Shinto Nugroho, Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia; Suren Ruhela, Director Google Maps; Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transportasi; dan Putri Silalahi, Head of Products Communications Google Indonesia untuk menjelaskan. Mulai 21 Juli, informasi tentang rute, jadwal, dan waktu tiba bus-bus Transjakarta untuk koridor 1-12 telah tersedia secara real-time di Google Maps sehingga Anda pun bisa merencanakan perjalanan dengan lebih mudah. 

    Fitur dikenal dengan nama Transit ini adalah informasi publik transportasi pertama di Indonesia yang tersedia di Google Maps secara real-time. Misalnya Anda hendak melakukan perjalanan dari rumah di Bintaro menuju kantor di Sudirman menggunakan bus Transjakarta, Anda tinggal mengetik kedua lokasi di Google Maps untuk mendapatkan informasi rute dan nomor koridor yang harus Anda tumpangi. Anda juga bisa melihat jam berapa bus akan sampai di halte pilihan, berikut estimasi berapa lama perjalanan Anda. Jika bus yang akan Anda tumpangi mengalami delay, fitur Transit akan secara otomatis memberikan update waktu kedatangan. Rute yang memiliki informasi real time ditandai dengan warna hijau.  



    “Kami berharap penambahan fitur Transit dan informasi real time dari bus Transjakarta ke Google Maps ini akan memudahkan warga Jakarta dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari. Dengan fitur ini, sekarang Anda bisa tahu kapan tepatnya bus Anda akan tiba,” jelas Suren Ruhela, Director Google Maps. Sementara itu, Budi Kaliwono, selaku Direktur Utama PT Transportasi juga menambahkan, "Kerjasama ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan Transjakarta, karena mereka dapat mengakses informasi yang akurat seputar waktu perjalanan mereka kapan saja lewat Google Maps Transit.”



    Warga Jakarta yang ingin mengetahui waktu tiba bus Transjakarta via Google Maps, bisa mengikuti tiga langkah ini:

    1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, maupun desktop.
    2. Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah kayar.
    3. Setelah diklik, pilih ikon “Transit” (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nomor koridor bus, rute, dan informasi lain yang Anda perlukan.

    Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar. Selamat mencoba! (Vidi Prima / VP / Image: doc. ImageDynamics / Google Indonesia)