Career

Trik Jitu Agar Kantong Tidak Mudah “Menipis”

  by: Silvya Winny       23/7/2016
  • Tanpa disadari, seringkali kita mengeluarkan uang untuk hal yang kurang penting dan justru membuat kantong cepat “menipis”. Praktikkan tips berikut agar Anda tidak mudah “bangkrut”, ladies!

     



    Lakukan Segalanya Sendiri

    Jangan mudah terlena dengan sesuatu yang sifatnya instan. Semisal Anda ingin menyewakan apartemen, hindari meminta tolong jasa orang lain untuk mencari penyewanya. Buat iklan di social media, serta minta bantuan the girls untuk mempromosikannya. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin menjual suatu barang. Gunakan kelebihan internet, ladies! Buka akun di website jual beli online, lalu tawarkan barang Anda. Dibandingkan memberi komisi, cara ini sama-sama efektif, kok.

     

    Punya Asuransi?

    Yes, Cosmo paham seberapa penting asuransi dalam hidup Anda, namun memiliki terlalu banyak asuransi justru akan membuat Anda kewalahan. Pilih asuransi yang memang benar-benar Anda butuhkan, seperti asuransi kesehatan dan rumah. Ingat, tidak semua asuransi yang Anda gunakan akan terpakai nantinya. Dibanding menguras pengeluaran tiap bulannya, maksimalkan dengan memiliki dua atau tiga asuransi saja.

     

    (Terlalu) Sering Menggunakan Kartu Kredit



    Memang, kartu tersebut Anda buat agar bisa mencicil, menggunakan promo kartu, atau membeli suatu barang yang Anda inginkan di saat keadaan “kantong” sedang menipis. Namun bukan berarti Anda bisa terlalu sering menggunakan kartu kredit, kan? Ingat, Anda tidak bekerja untuk membayar tagihan kartu kredit saja. Gunakan kartu kredit Anda dengan bijak, okay?

     

    Membuat Budget

    Tanpa Anda sadari, budgeting itu penting, lho. Dengan adanya budget, Anda jadi tahu seberapa banyak pengeluaran yang Anda buat setiap bulannya, mulai dari asuransi, transportasi, hingga tabungan. Budgeting juga membantu Anda mendata barang-barang yang seringkali Anda lewatkan seperti beauty product dan body care. Dengan cara ini, Anda tahu berapa jumlah uang yang bisa Anda habiskan setiap minggunya untuk keperluan lainnya.

     

    Membeli Barang Mewah

    ...boleh-boleh saja, selama Anda sudah menyiapkan budget khusus dari tabungan Anda. Dengan begitu, Anda tidak mengganggu kondisi keuangan untuk pengeluaran lainnya. Psst, ada baiknya Anda berpikir kembali sebelum membeli barang tersebut dengan uang yang sudah dikumpulkan. Siapa tahu Anda justru berubah pikiran dan ingin menabung lebih banyak. Well, who knows? (Alvin Yoga / VP / Image: Masson / Shutterstock / Clickphotos)