Lifestyle

Ghostbusters, Film Blockbuster Seru Untuk Segala Usia

  by: Redaksi       25/7/2016
  • Masih ingat dengan film klasik Ghostbusters yang ditayangkan tahun 1984? Oh well, lupa ya - atau belum lahir? Sekarang film tersebut dibuat kembali, tentunya dengan twist yang... surprising!

    The Plot

    Dosen Erin Gilbert (Kristen Wiig) terancam di-PHK lantaran buku tentang aktivitas paranormal yang dulu ia bantu tulis bersama sahabat masa kecilnya, Abby Yates (Melissa McCarthy), dijual secara online tanpa seizin dia. Saat berupaya memersuasi Abby untuk menarik buku tersebut ia malah ikutan terlibat dalam misi penangkapan hantu pertama Abby dan rekan sesama ilmuwannya, Jillian Holtzman (Kate McKinnon).



    Tak lama Erin pun bergabung, apalagi setelah yakin ada figur berbahaya yang jadi dalang di balik rangkaian penampakan-penampakan hantu tersebut, beserta dengan anggota tim terbaru, Patty Tolan (Leslie Jones), seorang petugas loket subway dan pakar sejarah kota New York. Soon, they became...Ghostbusters!

    The Fun

    What’s NOT fun about the film? Garap ulang film klasik Ghostbusters (1984) ini tanpa basa-basi langsung terjun ke aksi penangkapan hantu dengan hanya sekilas latar belakang tentang empat karakter utamanya. Film bahkan dimulai dengan setting klasik cerita horor: rumah hantu, di mana penghuni sebelumnya mengurung anak perempuan mereka yang psikopat di ruang bawah tanah, yang tak lama kemudian diikuti adegan tim Ghostbuster mengejar (atau dikejar) sosok siluman naga dan boneka manequin di sebuah konser rock.

    Visual efek rangkaian hantunya sangat menawan sekaligus mencekam dengan pulasan warna neon yang membuatnya sangat layak untuk ditonton dalam format 3D, dan remake soundtrack terbaru dari Walk the Moon dan Fall Out Boy menambah unsur excitement beberapa adegan. Ending-nya mungkin terasa terlalu klise dengan destruksi gedung-gedung dan aksi-aksi slo-mo (yang sebenarnya sangat keren), namun semuanya bisa dimaklumi karena pada akhirnya, it’s all oh-so-FUN!

    Komedi Khas Paul Feig

    Sang sutradara, Paul Feig yang lebih dikenal dengan komedi-komedi R-Rated (alias sedikit kasar dan jorok seperti Bridesmaid, The Heat, dan Spy), memang kini mesti sedikit “meredam” konten humornya supaya bisa dinikmati oleh audiens dari segala umur. Tapi ia tetap sukses menyalurkan tiap adegan dengan kekocakan nyeleneh yang telah jadi ciri khas dia, apalagi yang berhubungan dengan karakter Holtzman, sang science nerd yang super nyentrik, serta Kevin (Chris Hemsworth) yang, um, polos dan dungu.

    Salut buat Hemsworth yang “rela” menjadi eye candy semata (he’s Thor, for Odin’s sake!) dalam sebuah film yang di-headline oleh empat leading ladies. Now that’s Cosmo’s favourite kind of man! (Dan jangan langsung pulang saat end credit muncul kalau mau melihat Chris Hemsworth dengan kocak berdansa menghipnotis sekumpulan polisi yang kontan mengikuti gerakannya.)



    The Fearless

    Speaking of the ladies, semua pemeran yang mayoritas jebolan Saturday Night Live itu diberikan momen untuk bersinar dan memang sang filmmaker memaksimalkan keunikan serta pesona masing-masing sebagai komedian: selain McKinnon yang nyentrik dan awkward, ada Kristen Wiig yang tetap tampil kalem tapi konyol; Melissa McCarthy bermain agak “lurus” dari biasanya tapi tetap lucu dan tangguh; dan Leslie Jones, well, she’s funny, sassy, and loudall the reasons why Cosmo LOVE her! (sedikit trivia: semua aktris kecuali McKinnon berusia di atas 40 tahun lho.)

    Pemain Orisinilnya Juga Ikut Tampil

    Oiya, beberapa pemain film orisinalnya—Bill Murray, Dan Aykroyd, Sigourney Weaver, Ernie Hudson, Annie Potts, dan bahkan almarhum Harold Ramis—ikut tampil sebagai cameo, dan memang ada beberapa adegan dalam film yang memberikan homage kepada film pendahulunya seperti kehadiran Slimer, Stay Puft Marsmallow Man, dan markas bekas gedung dinas pemadam kebakaran.

    And to all the sexist and racist haters out there: saat menonton Ghostbusters terbaru ini ada seorang anak kecil laki-laki yang tampak sangat excited (bahkan sampai lompat-lompat dan bertepuk tangan) saat menonton adegan-adegan ghostbusting-nya yang seru—dan untuk merekalah Ghostbusters terbaru ini dibuat; seseorang yang belum pernah menonton film awalnya (atau yang kurang familiar), dan, bagi mereka, tidak penting wanita ataupun pria yang melakoninya.

    Sebagai bonus, bagi anak perempuan setidaknya kini mereka punya role models baru yang bukan sosok wanita jagoan berbalut kostum kulit hitam yang seksi. Yang penting: it’s a good and fun movie. Dan Ghostbusters, walau tidak sempurna, setidaknya memenuhi dua kriteria tersebut.

    Cosmo Rates: 

    (Sahiri Loing / VP / Image: doc. www.outnow.ch)