Career

5 Hal Penting Tentang Time Management

  by: Redaksi       28/7/2016
  • Selalu dengar tentang istilah "time management" tapi tak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar? Simak dulu lima hal penting tentang manajemen waktu agar Anda memahami benar artinya.

    1. First of all, manajemen waktu bukanlah "anugerah" yang Anda dapatkan sejak lahir. Thankfully, ini adalah skill yang bisa Anda pelajari. 

    2. Time management adalah bagaimana Anda mencari kombinasi paling tepat untuk porsi pekerjaan, relationship, hobi, lifestyle, keluarga, dan lain-lain. Semakin terpenuhi kebutuhan-kebutuhan ini dalam skala prioritas Anda, maka Anda pun akan semakin merasa bahagia.



    3. Miliki motivasi. Contoh: bayangkan Anda memiliki dua jam ekstra per hari untuk kekasih, keluarga, atau proyek pribadi Anda (untuk menulis buku misalnya). Dengan mengetahu benefit apa yang akan Anda nikmati nantinya, Anda akan menghindarkan diri dari predikat "penunda" dan lebih fokus memaksimalkan waktu.

    4. Beware, poin ini akan mengubah mindset Anda. Istilah "manajemen waktu" mau tak mau membuat Anda berpikir bahwa waktu dapat dikelola. But actually darling, IT'S NOT! Waktu ya waktu: 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Waktu tidak bisa dibagi karena yang seharusnya Anda kelola adalah...

    5. Manajemen diri atau self-management! Ubah pola pikir Anda dari "mengatur waktu" menjadi "mengatur diri" demi manajemen hidup (life management) secara keseluruhan. (Dewi Irma / Vidi Prima / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     



    Baca juga:

    Improve Your Time Management

    9 Simple Time Management Plan

    Traveling Ternyata Bermanfaat Untuk Karier Anda

    5 Skill Dasar untuk Calon Entrepreneur