Career

Cara Tepat Manfaatkan Social Skill di Lingkungan Kerja

  by: Muhammad Hafizh       11/7/2016
  • Untuk mencapai puncak teratas dalam karier, memang tidak mudah. Hmmm, tapi tak lantas menutup kemungkinan kalau ternyata Anda sudah memiliki kemampuan untuk menggapainya, lho. Dalam kehidupan sosial misalnya, banyak kok yang bisa diaplikasikan dalam dunia kerja. Simak beberapa tip Cosmo seputar social skill yang patut Anda lakukan untuk menunjang karier.

    Social skill #1: Mudah bergaul
    Work skill: Membuat
    deal bisnis
    Jangan lantas menutup diri dengan pria yang menggoda Anda di kafe favorit kala weekend. Kemungkinan untuk membuka peluang bisnis baru dengannya kan bisa saja terjadi. Saat Anda mendapatkan klien baru, selalu ingat bahwa mereka bukan devil in human form. Nah, kemampuan untuk bisa nyambung dengan klien tentunya menjadi nilai plus. Kabar baiknya lagi nih, Anda tidak perlu sakit hati bila mereka menolak.

    Social skill #2: Merelai pertengkaran sahabat
    Work skill: Menyelesaikan konflik dalam kantor
    Saat kedua sabahat datang untuk curhat, maka sudah pasti Anda akan menolong mereka. Membantu menyelesaikan masalah dengan menggabungkan kedua sudut pandangnya. So, jika ada kolega Anda yang saling menyalahkan karena kegagalan projek sehingga membuat si bos marah besar, Anda dapat membantu mereka menemukan solusi. Menunjukkan kematangan dengan melihatnya dari sudut pandang yang lebih luas untuk melihat permasalahan sesungguhnya.



    Social skill #3: Membuat acara girls' night out
    Work skill: Menjadi manajer projek besar
    Ya, kemampuan Anda untuk menyatukan semua teman dalam satu perayaan sebenarnya merupakan kemampuan yang bisa membuat karier Anda melonjak cepat. Tidak percaya? Coba bayangkan berapa banyak orang yang Anda kenal memiliki kemampuan untuk mengatur hal tersebut sedangkan Anda sudah memilikinya secara alami. Untuk menunjukkan kemampuan tersebut, mulailah dengan menjadi person in charge secara sukarela dalam acara kantor dan berpikirlah layaknya seorang party planner, serta rencanakan secara maksimal. Hasilnya, mereka akan melihat Anda sebagai seorang yang punya antusias tinggi dan bersiaplah untuk sebuah promosi jabatan!



    Social skill #4: Berurusan dengan pria yang menyebalkan.
    Work skill: Menangani si “
    office monster
    Menjadi sahabat bagi semua orang juga kolega sudah jadi keharusan para fun fearless female. Tetapi menyatakan salah satu kolega sebagai musuh besar dapat membuat produktifitas Anda menurun. Solusinya, hadapi sang “office monster” sebagai teman pria yang menyebalkan dengan tetap berikan mereka ruang dan kesempatan untuk menjatuhkan Anda, namun tetaplah sabar. Well, pada akhirnya jika Anda tidak memberikan mereka alasan untuk tidak menyukai keberadaan Anda, mereka tidak akan punya motif untuk menyerang Anda, kok. (Lidya / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)