Career

Cara Menguasai Wawancara Kerja Saat Melamar Pekerjaan

  by: Muhammad Hafizh       18/7/2016
  • Cosmo tahu tidak mudah menunjukkan kehebatan Anda yang sebenarnya di saat rasa gugup menyerang, khususnya ketika sedang melamar pekerjaan impian. Dilansir oleh Cosmo UK, David Clubb, Managing Director perusahaan rekrutmen Office Angels, akan menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya menguasai interview kerja. Read carefully!

    Sebelum Interview



    “Persiapan adalah kunci untuk wawancara kerja yang sukses,” kata David. Dengan terlebih dahulu mengantisipasi segala pertanyaan yang mungkin diajukan, dan merencanakan jawabannya akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri, lho. Jenis-jenis pertanyaannya? Simple saja kok, seputar pekerjaan yang Anda apply, pekerjaan yang pernah Anda jalani sebelumnya, dan kemungkinan besar kehidupan Anda di luar pekerjaan.

    Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mengeksplorasi tempat kerja itu terlebih dahulu, memastikan agar Anda tidak salah masuk ruangan kantor atau tidak tahu tempat parkir untuk pengunjung berada di mana sehingga membuang waktu yang menyebabkan keterlambatan Anda nantinya.

    Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penampilan, “Pakaian Anda dan personal grooming akan menjadi bagian besar dari impresi yang akan Anda berikan,” tuturnya. “Pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang cukup, karena hal tersebut dapat membantu Anda untuk fokus.”

    Saat Interview Tiba

    “Beberapa menit pertama di saat interview sangat menentukan,” jelas David. Impresi pertama sangat menentukan. So, mulailah dengan jabat tangan yang penuh percaya diri, gunakan kalimat positif dan tersenyum. Tunggulah hingga pewawancara memberikan Anda kesempatan untuk duduk, dan tetap menjaga kontak mata sepanjang pertemuan untuk memastikan Anda seorang yang jujur.

    Saat waktunya menjawab pertanyaan, dengarkan baik-baik pertanyaan apa yang diajukan kepada Anda dan pikirkan terlebih dahulu sebelum menjawabnya. Gunakan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result) saat Anda menjelaskan bagaimana cara Anda berhadapan dengan pekerjaan. Selalu back-up semua hal yang Anda katakan dengan contoh hal-hal yang pernah Anda lakukan.

    Well, sebelum wawancara kerja selesai, Anda kemungkinan besar akan diberikan kesempatan untuk bertanya, dan akan terlihat profesional bila Anda menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan atau posisi pekerjaan Anda.

    Sesudah Interview



    “Kirimkan e-mail ringkas berisi ucapan terimakasih dalam hari yang sama,” jelas David. Buatlah isi surat tersebut dengan simpel – dengan mengatakan bahwa Anda sangat menyukai pertemuan dengan mereka. Konfirmasikan bahwa Anda masih tertarik terhadap pekerjaan tersebut dan berpikir apa saja kontribusi positif yang bisa Anda berikan terhadap pekerjaan dan perusahaan. Good luck! (Calvin / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    Baca juga: 

    5 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

    Percaya Diri Saat Wawancara Kerja Pertama

    5 Sinyal Wawancara Sukses

    5 Hal yang Bikin Pewawancara Ilfil