Better You

Wow, Stres Ternyata Bisa Memacu Daya Ingat Anda!

  by: Muhammad Hafizh       12/7/2016
  • Apakah Anda pernah merasa stres saat menghadapi deadline pekerjaan yang semakin dekat, atau saat mewakili perusahaan untuk menghadapi klien besar? Well, ingatlah bahwa selalu ada sisi positif di setiap kondisi negatif yang sedang kita alami. Salah satunya adalah stres yang ternyata mampu meningkatkan memori sehingga Anda cenderung lebih mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak.

    Hasil studi yang dilakukan oleh para neuroscientists dari Universitas Bristol, Inggris seperti dilansir The Telegraph membenarkan pernyataan itu. Adrenalin sebagai hormon dalam tubuh yang diproduksi saat Anda merasa tidak tenang ternyata mampu mempengaruhi sel dalam otak. Nah, adrenalin inilah yang meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat berbagai hal, mulai dari nama, wajah, ide hingga kata-kata ke dalam memori.

    Neuroscientist tadi menjelaskan juga kalau hal ini sebenarnya bisa ditelusuri sejak era manusia gua. Saat itu, manusia gua mempunyai memori kuat tentang pengalaman negatif yang membuat mereka bisa menghindari hal-hal buruk. So, Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika stres menyerang karena hal tersebut ternyata bermanfaat juga untuk meningkatkan kemampuan diri Anda. (Lidya / VP / Image: doc.  / Shuttertock / Clickphotos)