Better You

Awas, Makanan Ini Ternyata Menambah Berat Badan, lho!

  by: Alvin Yoga       4/7/2017
  • Sudah rajin berolahraga dan menjaga menu makan, tapi berat badan susah turun? Hmm, mungkin Anda “tertipu” dengan beberapa makanan berikut. Nyatanya, ada beberapa makanan sehat yang justru menambah berat badan. Yuk, cek daftarnya di sini!

     

    Diet Soda



    Walaupun mengandung kata “diet”, bukan berarti Anda harus percaya begitu saja. Studi yang dilakukan pada 2015 lalu dalam Journal of American Geriatrics Society menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi diet soda ternyata mengonsumsi lemak tiga kali lipat lebih besar. Hal ini terjadi karena beberapa minuman kemasan yang berisi keterangan “bebas gula” atau sugar free dan zero calories justru menambahkan pemanis buatan yang mengandung aspartame. Kandungan inilah yang menambah berat badan Anda jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

     

    [ BACA JUGA: 7 Cara Mudah Turunkan Berat Badan dengan Cepat ]

     

    Yoghurt

    Yoghurt memang baik untuk tubuh dan pencernaan. Selain mengandung banyak bakteri baik serta kalsium yang cukup tinggi, makanan ini juga mudah dinikmati dan rasanya pun enak. Namun dibalik hal tersebut, yoghurt mengandung lebih banyak kalori karena mengandung pemanis, belum lagi jika yoghurt yang Anda konsumsi tersedia dalam rasa tertentu. Psst, hal ini juga berlaku bagi yoghurt rendah lemak, lho! Saat yoghurt diproses untuk mengekstrak lemak, rasanya akan hilang sehingga beberapa produk menambahkan gula untuk membuat rasanya menjadi lebih enak. Asupan gula inilah yang justru menjadi lemak nantinya.

     

    Alpukat

    Buah yang satu ini memang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan serta serat yang berguna bagi tubuh. Tak jarang beberapa orang menggunakan alpukat sebagai menu sarapan, atau dinikmati dengan cara diolah menjadi jus. Namun hati-hati, alpukat mengandung kalori dan lemak dalam jumlah yang cukup tinggi. Satu buah alpukat saja mengandung sekitar 400 kalori, lho! Ganti alpukat Anda dengan apel yang hanya mengandung 150 kalori.

     

    [ BACA JUGA: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu ]

     

    Jus Buah



    Jus buah atau smoothies memang baik untuk kesehatan, tapi lihat kembali jus buah Anda. Jika Anda senang mengonsumsi jus buah kemasan, jumlah gulanya justru sangat tinggi. Jika Anda membuat jus buah Anda sendiri, coba kurangi takaran pemanisnya agar gulanya tidak berlebih dan membuat berat badan Anda bertambah.

     

    Buah Kering

    Siapa yang senang mengonsumsi buah kering seperti kismis untuk camilan? Buah-buahan seperti kismis dan plum kering ternyata mengandung lebih banyak gula dibandingkan buah segar, lho! Walaupun jumlah kalorinya banyak, namun jumlah gulanya enam hingga delapan kali lebih banyak dibandingkan buah segar yang mengandung banyak air. Psst, secangkir kismis saja mengandung sekitar 500 kalori, sedangkan secangkir anggur hanya mengandung sekitar 70 kalori.

     

    [ BACA JUGA: Berat Badan Anda Naik Sejak Bekerja? Ini 10 Penyebabnya ]

     

    Sereal Gandum Olahan

    Sereal memang terkenal sebagai menu sarapan yang mengenyangkan dan baik untuk tubuh. Namun, selain sarat akan karbohidrat, sereal olahan gandum juga mengandung banyak tambahan gula. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, studi yang dilakukan pada 2003 lalu menunjukkan bahwa makanan sereal gandum olahan dan whole grain ternyata positif meningkatkan berat badan.

     

    Salad Dressing

    Salad memang lebih nikmat saat dikonsumsi dengan saus salad. Namun sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Clinical Investigation pada 2009 lalu menuliskan bahwa dressing tersebut mengandung banyak gula fruktosa yang justru menambah lemak dalam tubuh. Oopsie!

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Anetlanda[1] / Shutterstock / Clickphotos)