Fashion

Tips Mencuci Jeans Warna Hitam Agar Tidak Cepat Luntur

  by: Silvya Winny       6/7/2017
  •  

    Bahan denim atau jeans adalah kain yang sangat dipuja dalam dunia fashion. Fleksibilitasnya membuat ia jadi salah satu item andalan yang wajib tersimpan dalam lemari Anda. Walaupun kasual, namun dengan padu padan yang brilian Anda bisa mengubahnya jadi look mewah. Nah, menemukan celana jeans hitam yang cocok juga bukan tugas yang mudah, sehingga waktu menemukannya sebaiknya rawat ia baik-baik dan jangan sampai ia berubah warna. Bagaimana caranya supaya serat dan warna tidak memudar saat dicuci? Rawatlah seperti ini:

     



     

    1. Pre-treat jeans Anda dengan secangkir cuka dan satu sendok teh garam

    Setelah membeli celana jeans hitam baru, kunci warnanya dengan cara merendamnya sekitar setengah jam dalam air dingin yang dicampur secangkir isi cuka putih dan satu sendok teh garam. Cuci dan jemur dengan cara digantung hingga kering. Perawatan ini dapat mencegah jeans Anda luntur saat kedua kali dicuci.

     

    2. Cuci bagian dalam

    Sebelum memasukkan celana jeans ke dalam mesin cuci, balik dulu bagian dalam menjadi bagian luar untuk mencegah kerusakan serta kain. Ujung jeans yang tanpa lipatan di bagian kaki bisa terancam keindahannya kalau tidak dicuci terbalik, dan ini akan memengaruhi warna jeans Anda.

     

    [ BACA JUGA:  Trik Memilih Jeans Sesuai Bentuk Tubuh ]

     

    3. Cuci dengan air dingin

    Pilih suhu air paling dingin saat mencuci jeans warna gelap. Karena suhu air yang panas dapat memudarkan pewarna jeans lebih cepat. Bukan hanya proses mencuci saja, pastikan saat membilasnya pun setel dengan suhu yang dingin juga.

     

    4. Cuci dengan Putaran Lembut

    Putaran yang singkat namun lambat membuat celana jeans Anda tidak tersiksa dalam mesin cuci. Jangan taruh jeans Anda dalam bahaya dengan putaran cepat karena ia bisa merusak serat kainnya.



     

    5. Cucilah dengan warna senada

    Selain memisahkan warna terang dan gelapnya, sangat penting untuk menghindari kombinasi warna jeans hitam dengan serat kain berwarna beda. Kandungan serat dari warna yang tidak sesuai, bisa membuatnya menempel dalam jeans hitam. Alhasil, jeans hitam jadi terlihat kusam dan pudar warnanya.

     

    [ BACA JUGA: 7 Barang Fashion Yang Wajib Anda Miliki ]

     

    6. Gunakan deterjen khusus

    .... untuk pakaian dengan kain gelap. Tapi jika tidak ada, gunakan deterjen dalam jumlah sedikit saat mencucinya. Cara paling baiknya adalah gunakan deterjen cair untuk mencegah partikel tidak larut menempel di pakaian gelap, yang dapat membuat warna memudar.

     

    7. Air Dry

    Setelah dibilas, peras jeans Anda secukupnya untuk menghilangkan kelebihan air lalu gantung pada jemuran hingga mengering. Ini juga membantu mempertahankan bentuk jeans Anda.

     

    8. Bagaimana Kalau Tanpa Dicuci?

    Tanyakan dulu pada diri Anda apakah benar-benar perlu mencuci jeans hitam Anda saat baru sekali pakai? Nah, agar tetap bersih, Anda bisa menyemprotkan campuran vodka dan air. Biarkan ia kering lalu masukkan ke dalam freezer semalaman agar tidak berbau dan bebas bakteri. (Silvya Winny / Image:  Shutterstock / Clickphotos)