Better You

5 Makanan yang Efektif Menyembuhkan Konstipasi

  by: Kezia Calesta       6/7/2017
  • Anda memiliki kesulitan membuang air besar? Tidak usah malu! Ini masalah umum yang sering dihadapi orang yang kurang minum air, sedikit mengkonsumsi serat atau jarang berolahraga. Inilah 5 hal yang akan menyembuhkan konstipasi Anda.

     



    Flaxseed

    Benih lenan memiliki kandungan mucilage tinggi yang membantu pencernaan. Untuk mendapat keuntungan tersebut, campurkan satu sendok makan flaxseed tiga kali sehari bersama sereal atau jus. Jangan lupa untuk minum banyak air putih.

     

    Lemon

    Buah yang asam ini dapat menstimulasi usus besar Anda untuk bekerja. Minumlah air hangat dengan sari dari setengah buah lemon setiap pagi sebelum makan. Problem solved.

     

    [ BACA JUGA: 20 Alasan untuk Minum Air Lemon Setiap Pagi ]

     

    Kopi



    Kopi bisa menjadi stimulan untuk membuang air besar (berikan saja 20-30 menit). Namun bila Anda jarang minum air putih, kafein malah bisa mengakibatkan dehidrasi yang akan membuat konstipasi semakin parah.

     

    Minyak Zaitun

    Makanlah satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan sari buah lemon di pagi hari sebelum sarapan. Minyak zaitun telah dibuktikan efektif dalam melancarkan pembuangan air besar, apalagi bila digabung dengan asam lemon!

     

    Prune

    Prune adalah buah plum yang dikeringkan dan dipercaya sebagai buah yang paling ampuh menyembuhkan konstipasi. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, buah atau jus prune akan bekerja sebagai obat cuci perut yang manjur. Buktikan sendiri!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / anucha maneechote / Clickphotos)