Better You

Cara Simpel Detoks dalam Tiga Hari

  by: Hana A. Devarianti       7/7/2017
  • Tidak selamanya program detox itu ribet dan intimidating. Pada artikel ini Cosmo menemukan cara mudah untuk melakukan detox hanya dalam waktu tiga hari saja. Yuk, dicoba!

     



    Jadi Antioksidan “Addict”

    Makanan antioksidan dapat mengaktifkan enzim hati yang bisa membunuh zat berbahaya. Jadi selama tiga hari, fokuskan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran berwarna cerah, whole grain, serta kacang. Misalnya bayam, kangkung, dan buah cranberry yang kaya antioksidan.

     

    [ BACA JUGA: Berjerawat Setelah Lebaran? Berikut 3 Cara Detox Wajah! ]

     

    Eat Clean

    Coba untuk tidak mengonsumsi makanan olahan –alias makanan apapun yang mengandung bahan yang tidak bisa Anda ucapkan. Juga menghindari makanan cepat saji, gorengan, susu alkohol, daging merah, gula pasir, dan tepung putih. Well, it's a lot. Akan tetapi, makanan ini dapat menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun.

     

    via GIPHY



    Bijak Memilih Camilan

    Kalau Anda tipe yang mudah lapar dan harus ngemil, sebaiknya pilih camilan yang lebih sehat. Anda bisa memilih buah dan kacang organik, atau konsumsi satu porsi kecil salad dengan irisan ayam atau ikan salmon yang diberi dressing perasan lemon dan extra virgin olive oil. Ummm... Super-yum!

     

    Drink Up!

    Inti dari detox adalah mengeluarkan racun dari tubuh Anda dengan buang air kecil, buang air besar, dan keringat. Sehingga penting untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum minimal delapan gelas air setiap hari. Tidak hanya itu, ada baiknya pula Anda tidak mengonsumsi kafein selama tiga hari.

     

    [ BACA JUGA: 5 Minuman Alami untuk Detox Efektif ]

     

    Hello, Sleeping Beauty

    Yup, tidur cukup juga jadi hal penting yang harus dilakukan saat melakukan detox selama tiga hari. Usahakan untuk tidur delapan sampai sembilan jam setiap hari untuk membantu pembaruan dan peremajaan sel tubuh. Dengan tidur cukup otak juga bisa bekerja lebih maksimal, lho! (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.com)