Better You

Ini Alasan Anda Tidak Boleh Minum Teh dengan Susu

  by: Kezia Calesta       8/7/2017
  • Apakah Anda berpikir bahwa teh susu baik untuk kesehatan? Sayangnya, Anda salah – teh susu tidak memberikan manfaat untuk tubuh Anda.

     



    “Teh hitam kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan inflamasi dan mencegah penyakit, jantung dan diabetes,” jelas Alissa Rumsey, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

     

    [ BACA JUGA: Manfaat Berbagai Macam Teh Bagi Kesehatan ]

     

    Namun, dengan menambahkan sedikit susu (sapi atau kedelai), kebaikan dari teh pun akan hilang. Mengapa? Ternyata, protein yang dimiliki susu akan 'mengikat diri' ke antioksidan dan tubuh pun tidak akan bisa menyerap gizinya.

     

     

    Anda tidak percaya? Ini buktinya:



     

    Sebuah riset dari Jerman mengukur efek teh hitam dengan susu dan air hangat bersama 16 sukarelawan wanita, di mana tes-tes membuktikan bahwa teh hitam dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. “Namun ketika ditambah susu, pembuluh darah bisa dilihat tidak melebar sama sekali,” ungkap Mario Lorenz, salah satu ahli biologi dari European Heart Journal.

     

    Bahkan, susu juga tidak memberikan kalsium saat dicampur dengan teh. “Kafein dalam teh akan mengurangi penyerapan kalsium,” ungkap ahli ilmu gizi Rachel Meltzer Warren. “Bila mau menambahkan sesuatu dalam teh Anda, peraslah sari buah lemon – kombinasi tersebut dapat meningkatkan penyerapan antioksidan dalam tubuh.”

     

    [ BACA JUGA: 20 Alasan untuk Minum Air Lemon Setiap Pagi ]

     

    So, bila Anda ingin mendapat manfaat dari meminum teh, hindari penambahan susu ataupun gula. Yah, tetapi jika Anda memang sedang ngidam pearl milk tea... apa boleh buat!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Africa Studio / Clickphotos)