Better You

Trik Melatih Otak Agar Fokus Dan Berdaya Ingat Tinggi

  by: Silvya Winny       17/7/2017
  • Anda hobi berolahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar? Ternyata bukan hanya tubuh, tapi otak Anda juga memerlukan sesi workout untuk terus mengasah kinerjanya. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk melatihnya? Berikut Cosmo berikan ulasannya buat Anda.

     

    Tes Ingatan
    Buat daftar akan satu hal, misalnya grocery atau to-do list di kantor di atas secarik kertas. Usai menyelesaikannya, selang satu jam ingat kembali apa yang sudah Anda tulis dan lihat berapa banyak yang bisa Anda ingat darinya.



     

    [ BACA JUGA: Kurangi Pikun di Usia Muda  ]

     

    Mainkan Alat Musik
    Belajar memainkan alat musik atau mengikuti paduan suara adalah satu hal yang kompleks untuk kinerja otak Anda. Tapi, dengan rutin melakukan kegiatan ini akan bantu otak Anda bantu memerangi penuaan dini dengan menekan produksi hormon stres.

     

    Belajar Berhitung
    Yup, secara manual Anda membiarkan otak bekerja menghitung secara manual. Awali dengan hitungan ringan hingga tak lagi kaget mendapati angka sulit yang harus dipecahkan. Layaknya olahraga tubuh, ini bak gerakan atletik buat otak Anda.

     

    [ BACA JUGA: Wow, Stres Ternyata Bisa Memacu Daya Ingat Anda! ]



     

    Belajar Memasak
    Kegiatan ini akan memancing insting natural panca indera Anda. Dari bau, sentuhan, rasa, hingga penglihatan semua bekerja sama memancing otak Anda untuk mengatur kerjanya dengan baik.

     

    Uji Kemampuan Motorik
    Ini bisa Anda lakukan melalui kegiatan yang memperkerjakan tangan dan mata Anda sekaligus. Seperti melukis, mewarnai, menjahit, hingga menyatukan puzzle.

     

     

    [ BACA JUGA: Tingkatkan Daya Ingat Dengan 5 Makanan Ini ]

     

    Berolahraga
    Sekarang ini banyak pilihan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tubuh dan otak sekaligus. Yoga, golf, atau tenis adalah salah satu opsi yang bisa Anda ikuti. (Irfina Indriyani / SW / Image: Shutterstock / Clickphotos)