Better You

10 Cara Meningkatkan Kesehatan Dalam Waktu Singkat

  by: RedaksiCosmopolitan       22/7/2017
  • Kesehatan Anda harus jadi number one priority. Makan sehat dan berolahraga memang cara paling efektif dalam menjaga tubuh sehat dan bugar. Namun, 10 cara simpel berikut juga bisa meningkatkan kesehatan Anda, lho. Tidak percaya?

     

    Duduk Tegak



    Ingat kan waktu kecil dimarahi ibu karena tubuh Anda bungkuk saat sedang duduk? Walaupun sudah dewasa, bukan berarti Anda boleh bebas bermalas-malasan. Justru, duduk dengan postur yang baik (tulang belakang lurus dan pundak kebelakang) bisa membantu orang mengatasi gejala depresi dan letih, lho. Selain itu, duduk tegak juga meningkatkan produktivitas otak Anda. Sit up straight!

     


    Ambil Handuk Baru

    Dari handuk mandi sampai handuk dapur. Anda harus rajin menggantinya setidaknya seminggu sekali. Why? Berbagai bakteri seperti E. Coli menempel di handuk tersebut. Bayangkan, Anda memakainya berkali-kali untuk tangan, tubuh, wajah.... Aaaa the horror!

     

    Bersihkan Gigi

    Pasti sudah tahu, Anda harus sikat gigi dua kali sehari. Tapi kesehatan gigi tidak berhenti di situ. Pakai floss atau benang untuk membersihkan makanan yang menyangkut di sela-sela gigi. Lalu, tutup dengan kumuran mouthwash. Ini penting demi menjaga gigi dan gusi dari penyakit yang tidak diinginkan.

     

    Peluk Teman Anda

    Obesitas, insomnia, depresi, sampai kanker. Salah satu problem kesehatan Anda berasal dari satu hal: stres. Ketika memeluk seseorang, tubuh Anda mengeluarkan hormon oxytocin yang membuat Anda merasa aman. Hal ini akan membuat tubuh Anda relaks dan jauh dari rasa stres. Jadi, cari teman atau pasangan Anda, and give them a big fat hug.
     

    Ehem, Solo Time

    Nah, cara lain untuk merilis hormon oxytocin adalah dengan masturbasi. Jangan malu, ladies. Have fun!

     



    Cuci Tangan

    Tahukah Anda, bakteri paling banyak berkumpul di telapak tangan karena Anda menyentuh berbagai benda berbeda dalam sehari. Meja, piring, gagang pintu, dan handphone. Jadi, cuci tangan Anda dengan baik dan benar selama 20 detik dengan sabun. Jangan lupa sela jari, kuku, dan punggung tangan ya, dear.

     

    Minum Air Putih

    Jangan menunggu sampai dehidrasi untuk minum segelas air putih. Saat kekurangan cairan, Anda dapat memicu pusing, merusak ginjal, dan membuat kulit kering. Selain itu, Anda pun jadi moody. Dan ketika Anda negatif, lingkungan Anda jadi terpengaruh juga. Untungnya ada satu solusi mudah untuk masalah ini, semuanya di satu gelas saja.

     

    Search: Cat Pictures

    Kadang, sulit memalsukan sebuah senyuman ketika sedang suntuk dan bosan. Seperti dibahas sebelumnya, stres dapat menurunkan tingkat kesehatan Anda. Jadi, coba akali rasa bahagia yang tulus dengan mencari foto-foto lucu binatang kesayangan Anda. Awww lihat, kucing itu bermain piano. So adorable!

     

    Pause dan Pikir Ulang

    Sebelum Anda membuka freezer untuk mengambil es krim coklat, hitung sampai 30 detik. Waktu singkat tersebut cukup untuk mengubah keputusan Anda dan mengambil pilihan yang lebih sehat. Mau mengemil? Coba kacang, oats, atau buah. Tidak kalah lezat, kok!

     

    Cek “Isi Perut”

    Usai menyelesaikan “bisnis” di toilet, coba intip “hasil kerja” Anda. Warna urine atau poopy berbicara banyak mengenai kesehatan Anda. Jika air seni Anda terlalu gelap, artinya Anda kekurangan air. Warna yang sehat adalah bening atau kuning terang. Kekurangan air juga membuat poopy Anda terlalu keras dan sakit ketika dikeluarkan. Mau cek kesehatan dengan singkat? Cek juga toilet Anda, ya. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. shutterstock / clickphotos)