Beauty

Ini Dia Dampaknya Bila Tak Merawat Kulit Dengan Benar!

  by: Alifa Meisarah       22/7/2017
  •  

    Ladies, termasuk jenis kulit manakah Anda? Yuk, cari tahu dampak yang ditimbulkan apabila Anda tak merawat kulit dengan benar!

     



    Kulit Kering:

    Ternyata kulit kering yang memiliki tekstur kasar dan tak kenyal akan membuat wajah Anda tampak lebih tua lho. Dampaknya, proses penuaan dini pun menjadi lebih cepat. Selain itu, kemampuan perlindungan pada kulit juga ikut menurun. Untuk jangka panjangnya, kulit akan menjadi sangat rentan terhadap jenis zat tertentu terutama kuman dan bakteri yang mudah masuk ke dalam pori-pori kulit. Oh no! Anda harus memilih produk pelembap muka berbahan lotion untuk mengatasinya ya.

     

    Kulit Berminyak:

    Karena produksi minyak yang berlebih, kotoran dan debu akan lebih mudah menempel pada wajah Anda sehingga memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Bila tak dilakukan perawatan dengan benar, justru akan memperparah masalah kulit bahkan tak jarang terjadi iritasi. Cosmo sarankan untuk menerapkan kebiasaan membersihkan wajah secara rutin dengan pemilihan produk skin care yang tepat. Meskipun minyak baik untuk kulit Anda karena kandungan kolagen yang dimilikinya mampu menjaga kelembapan kulit, tetapi kulit berminyak bisa menyebabkan masalah baru yang membutuhkan perawatan ekstra. Hmm.. siap-siap isi dompet Anda menipis nih!

     

    Kulit Kombinasi:

    Bila jenis kulit Anda termasuk kulit kombinasi, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dengan selalu menjaga kebersihan daerah T-Zone dan daerah pori-pori hidung agar tak terjadi penimbunan kotoran. Dampaknya, pori-pori pada daerah tersebut tertutup dan akan memicu munculnya jerawat, komedo, dan kulit yang kusam. Karena bila Anda tak merawatnya dengan tepat, maka efek yang ditimbulkan pun menjadi berlipat ganda. Kulit Anda akan muncul banyak jerawat yang sulit untuk dihilangkan, sekaligus secara bersamaan kulit Anda juga mengalami kekeringan karena kurangnya cairan. Cosmo sarankan Anda untuk lakukan perawatan rutin CTM (Cleansing, Toning, dan Moisturizing).

     

    Kulit Sensitif:

    Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang paling sulit perawatannya. Bila Anda tak berhati-hati dalam merawatnya, dampak yang ditimbulkan sangat banyak lho. Bila Anda salah memilih produk skin care atau kosmetik, kulit sensitif Anda akan meradang karena kondisi kulit yang tak tahan terhadap produk dengan kandungan yang keras, bahan kimia, makeup berlebih, sinar matahari, dan dehidrasi. Tak hanya itu, Anda juga perlu menjaga makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari alergi maupun iritasi. Cosmo sarankan Anda pilih produk khusus untuk kulit sensitif dengan kandungan bahan kimia yang aman.



     

     

    Tanpa sadar aktivitas yang Anda jalani setiap hari seperti mandi dengan air panas, berlama-lama dalam ruangan ber-AC, olahraga di gym, dan terkena sinar UV bisa merusak kulit dan penuaan dini. Pssst.. Cosmo punya solusi untuk mengatasi masalah kulit Anda lho. Clinique's Moisture Surge Hydrating Supercharged Concentrate sebagai pelembap yang mampu melawan bahaya dehidrasi pada kulit dengan kandungan water gel hydrator-nya yang ringan bisa mengembalikan kelembapan kulit selama 24 jam penuh!

     

    Dan lebih hebatnya lagi, produk ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit lho! Hanya cara pengaplikasiannya saja yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Untuk kulit kering, pertama aplikasikan serum ke wajah Anda. Lalu cukup kombinasikan dengan moisturizer berbahan lotion. Untuk kulit berminyak, cukup aplikasikan sedikit saja ke seluruh wajah agar tak tampak mengkilap karena tekstur gel-nya cepat meresap ke dalam kulit. Untuk kulit kombinasi, aplikasikan pada bagian pipi, dagu, dan area yang rawan kering. Sementara untuk kulit sensitif, tak perlu khawatir ya karena kandungannya aman untuk digunakan dan tak menimbulkan perih sama sekali. Anda hanya perlu mengaplikasikan sedikit saja secara menyeluruh ya.

     

    Nah, berdasarkan hasil survery Supercharged For Your Skin yang diadakan oleh Cosmo beberapa waktu lalu, ternyata di urutan pertama sebanyak 332 wanita indonesia (37,35 %) memiliki jenis kulit berminyak. Kedua, sebanyak 228 wanita indonesia (25,65%) memiliki jenis kulit kombinasi. Ketiga, sebanyak 212 wanita indonesia (23,85%) memiliki jenis kulit kering. Sebanyak 89 wanita indonesia (10,01%) tak menjawab. Terakhir, sebanyak 28 wanita indonesia (3,15%) memiliki jenis kulit sensitif.

     

    Well ladies, dengan pemakaian secara rutin tentunya akan menghasilkan kulit wajah yang lembap, halus, dan cerah. Dapatkan produk terbaru dari Clinique ini di counter Clinique terdekat sekarang juga! (Alifa Meisarah/SW/Image: Dok. www.freepik.com/Freepik)