Better You

Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh Lebih Cepat

  by: Silvya Winny       23/7/2017
  • Sebelumnya, Cosmo ingin meluruskan saja bahwa metabolisme dan pencernaan adalah dua hal yang berbeda. Metabolisme berkaitan dengan pengolahan makanan dan mengubahnya jadi energi, sementara pencernaan adalah proses pemecahan makanan yang memberi nutrisi bagi tubuh.

    Lalu mengapa banyak yang menginginkan metabolisme lebih cepat? Alasan utamanya adalah dengan proses metabolisme yang efektif dan cepat dapat memastikan apa yang Anda konsumsi tidak menjadi lemak, melainkan energi. Nah, cara mempertahankan metabolisme sebenarnya adalah dengan err, olahraga. Good to know buat yang rajin olahraga yaa. Tapi yang bukan penggemar olahraga? Tenang, tips berikut ini bisa membantu Anda mendapatkannya:

     



    1. Makanlah makanan yang seimbang
    Agar energi proses tubuh Anda efektif, Anda perlu menyiapkan makanan yang bergizi tinggi untuk diproses tubuh. Makanya, cobalah hindari mengonsumsi gula halus, susu, dan sodium terlalu banyak dan tetap mengonsumsi makanan berserat dan protein tinggi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Yang terpenting, pastikan untuk untuk makan dengan porsi yang tepat – sesuai dengan yang tubuh Anda butuhkan.

    2. Perhatikan jadwal makan Anda
    Agar metabolisme bisa stabil, tetapkan jadwal yang tepat saat makan. Ini akan memberi pola dan melatih tubuh dengan jangka waktu yang Anda berikan, dengan begitu tubuh akan memproses pembakaran lemak dan menjadikannya sebagai energi. Sedikit lapar? Raih snack sehat setap dua jam. Tapi ingat, jangan berlebihan ya.

     

    [ BACA JUGA: 4 Alasan Anda Boleh Mengemil di Tengah Malam  ]

     

    3. Konsumsi banyak air
    Menurut penelitian, minum air putih lebih banyak dapat meningkatkan metabolism Anda. Jadi tetaplah terhidrasi agar tubuh sehat dan terpenting, membakar lemak!

     



    [ BACA JUGA: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu  ]

     

    4. Minum teh hijau
    Studi telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki antioksidan yang luar biasa dan dapat meningkatkan metabolisme bila dikonsumsi lebih sering. Meskipun belum begitu efektif menangani masalah penurunan berat badan, namun kandungan seperti katekin (antioksidan) dipercaya menurunkan kolesterol dan memperbaiki aliran darah. Satu cangkir sehari sudah lebih dari cukup buat Anda yang belum terbiasa.

     

    [ BACA JUGA: Manfaat Berbagai Macam Teh Bagi Kesehatan  ]

     

    5. Lakukan olahraga singkat setiap hari
    Sorry, tapi akan jauh lebih efektif bila Anda menyertakan olahraga untuk mengaktifkan metabolism tubuh. Baik itu berjalan kaki atau yoga, pokoknya melakukan aktivitas fisik apapun bisa “menghidupkan” sistem tubuh Anda. Latihan angkat beban juga bisa membantu, apalagi Anda bisa mengganti barbell dengan botol minum terisi penuh, atau sekantung pasir. Setiap usaha yang Anda keluarkan itu berarti kok. (Silvya Winny / Image:  gpointstudio / Shutterstock / Clickphotos)