Lifestyle

Tips untuk Merawat Tanaman Sukulen di Rumah

  by: Kezia Calesta       23/7/2017
  • Ya, tanaman sukulen seperti kaktus hias memang lucu untuk dijadikan dekorasi rumah atau kantor. Seperti tanaman pada umumnya, sukulen juga membutuhkan sedikit perawatan dari Anda. Ini 4 basic tips dari Cosmo supaya sukulen tetap sehat dan bertumbuh cantik!

     

    1. Pemberian Sinar Matahari



    Nah, bagian ini cukup tricky - sukulen menyukai sinar matahari, namun jika selalu terkena paparan langsung, kulit tanaman dapat terbakar. Pilih sebuah tempat teduh yang sering mendapat sinar matahari, seperti di samping jendela.

    Bila tanaman bertumbuh kurus dengan warna hijau pucat, berikan lebih banyak sinar matahari!

     

    [ BACA JUGA: Cara Menjaga Badan Agar Tetap Sehat di Kantor ]

     

    2. Pemilihan Pot

    Langkah ini cukup mudah: Anda tinggal memiilih ukuran pot yang tidak terlalu besar, dan hindari juga wadah kaca atau keramik yang tidak memiliki lubang-lubang kecil di dasarnya.

     

    3. Jangan Sering Menyiram



    Karena habitat asli sukulen merupakan daerah kering, Anda sebaiknya menghindari penyiraman yang berlebihan. Mereka bisa kok, bertahan selama beberapa hari. Saat Anda siram, sebaiknya Anda basahi tanah di sekitarnya - dan jangan disiram lagi hingga tanah sudah kembali kering.

    Ini triknya: semakin tebal daun tanaman Anda, semakin sedikit air yang dibutuhkan.

     

    [ BACA JUGA: 7 Negara yang Menarik Dikunjungi Saat Musim Semi ]

     

    4. Bahan Media yang Cocok

    Perhatikan tanah yang dipakai untuk menanam tanaman Anda - sukulen suka dengan media tanam yang kering dan berpasir. Pilihlah media yang tidak menyimpan air, atau campuran tanah dan perlite dengan perbandingan 1:1. 

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Julia Karo / Shutterstock / Clickphotos)