Better You

Makanan Tinggi Kalori Ini Ternyata Turunkan Berat Badan

  by: Alvin Yoga       29/7/2017
  • Siapa bilang makanan tinggi kalori ternyata tidak baik untuk diet? Beberapa makanan ini ternyata bisa bantu turunkan berat badan, kok! Yuk, cek apa saja daftarnya.

     

    Susu berlemak



    Yup, Anda pasti pernah membaca tips yang menyebutkan bahwa Anda tetap bisa mengonsumsi susu ketika sedang diet dengan memilih susu rendah lemak atau justru susu tanpa lemak. Menurut Laura, hal ini ternyata justru kurang tepat. Penelitian terbaru membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi susu berlemak justru memiliki angka obesitas yang lebih rendah dibanding yang meminum susu rendah lemak," ujar Laura. Hal ini terjadi karena lemak pada susu mengandung asam lemak yang disebut CLA yang membantu penurunan berat badan. Tak hanya itu, lemak ekstra dari produk susu seperti yoghurt juga bisa membuat Anda merasa lebih puas dan kenyang.

     

    Kuning telur

    Anda mungkin pernah mendengar saran untuk menghindari kuning telur demi membatasi asupan kalori. Well, trik ini memang bisa menurunkan berat badan, tapi bukan dalam jangka panjang. Menurut Laura Schoendfeld, seorang ahli nutrisi asal Australia, selain kandungan proteinnya tinggi, kuning telur juga kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B, dan K2. "Nutrisi ini membantu fungsi metabolisme dan kesehatan tiroid. Kedua hal ini penting untuk penurunan berat badan," jelas Laura. Masih takut mengonsumsi kuning telur, dear?

     

    Kacang-kacangan

    Ingin menurunkan berat badan namun suka ngemil? Pilih dengan cermat camilan Anda, semisal kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang cukup tinggi, serta lemak tidak jenuh yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Nah, tips untuk Anda yang sulit berhenti ketika sedang mengonsumsi kacang, agar jumlahnya tidak berlebihan, ambil seperempat mangkuk untuk satu porsi camilan dalam sehari.

     



    Alpukat

    Alpukat memang terkenal dengan kandungan kalorinya yang cukup tinggi, tetapi di balik hal itu buah ini juga memiliki 20 vitamin dan mineral, plus 3 gram serat, lho. Tak hanya itu, buah alpukat juga kaya akan lemak tidak jenuh yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi rasa ingin ngemil sepanjang hari. Tips untuk Anda, karena kandungan kalorinya sudah tinggi, sebaiknya jangan mengonsumsi alpukat dengan tambahan gula.

     

    Coklat

    Yup, kabar baik untuk Anda semua! Cokelat ternyata menjadi opsi camilan yang tepat jika Anda sedang diet, lho. Milk chocolate dan dark chocolate ternyata bisa Anda konsumsi meski sedang diet. Ya, Cosmo tahu, coklat memang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Bayangkan saja, dalam 30 gram cokelat, sepertiganya terdiri dari lemak (dan Cosmo jamin Anda pasti mengonsumsi lebih dari 30 gram cokelat dalam satu kali makan, betul, kan?) Namun catat hal ini, cokelat juga kaya akan vitamin A, B dan E, serta kalsium, zat besi dan berbagai nutrisi lain yang kaya akan antioksidan. Tak hanya itu, coklat juga tinggi akan serat sehingga baik untuk Anda. Cokelat dan alpukat? Yes, please!

     

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Thomas Andreas / Shutterstock / Clickphotos)