Lifestyle

Yuk, Lihat Karya Seni Keren di ART Jakarta 2017

  by: Hana A. Devarianti       28/7/2017
  • Yeay, air fair pertama dan terbesar di Indonesia, Art Jakarta, hadir kembali akhir pekan ini. Yup, gelaran seni yang dulu bernama Bazaar Art Jakarta ini kembali diadakan untuk kesembilan kalinya di Grand Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place mulai 27 Juli - 30 Juli 2017. Penasaran apa saja yang akan Anda temukan ketika berkunjung ke Art Jakarta 2017? Simak laporan Cosmo!

     



     

    Exceptional Artworks

    Art Jakarta terkenal dengan pameran karya terkurasi yang mampu memadukan seni dengan fashion dan lifestyle. Tahun ini, tidak tanggung-tanggung ART Jakarta 2017 menghadirkan 53 exhibitor yang membawa karya-karya terbaik mereka. Dengan tema Unity ini Diversity, ART Jakarta 2017 menampilkan 1.500 karya dari galeri di Indonesia juga mancanegara, yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Cina, hingga Prancis, Australia, Yunani, dan Spanyol.

     

     

    Karya seni yang apik tidak hanya ada di dalam ballroom saja. Anda juga bisa menemukan karya instalasi di bagian foyer. Karya yang berhasil menarik perhatian Cosmo adalah karya kolabolasi desainer Indonesia, Patrick Owen dengan seniman-seniman ternama Indonesia, yaitu Anton Ismael, Muhammad Taufiq (EMTE), Fajar P. Domingo, dan Tatiana Romanova. Ada juga instalasi kinetik karya seniman asal Yogyakarta, Eko Nugroho bersama AQUA Reflections yang tidak kalah keren. Saran Cosmo, jangan lewatkan pula mampir di booth Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Di sini, Anda bisa menemukan 45 karya pilihan dari seniman muda berbakat Indonesia.

     



    [ BACA JUGA: Karya Eko Nugroho Kini Ada di Botol Aqua! ]

     

    Art Fair and More

    Tidak hanya pameran, Art Jakarta 2017 juga memiliki serangkaian agenda seru. Anda bisa menikmati pop-up restaurant Chef Yan Bernard Lejard dari The Ritz-Carlton Bahrain yang telah meraih Michelin-star. Atau, mengikuti creative workshop bersama Ganara Art Space yang tersedia di hari Jumat pukul 4 sore, Sabtu pukul 10 pagi, dan Minggu pukul 3 sore dan 7 malam.

    Sama seperti gelaran di tahun-tahun sebelumnya, Art Jakarta 2017 juga mengadakan creative talks. Kalau Anda datang ke pameran di hari Minggu, sempatkan saja untuk mengikuti salah satu creative talks bersama Tulus dan Art Director Rukmunal Halkin. Tulus akan berdiskusi soal kolaborasinya dengan seniman kelas dunia, Melati Suryodarmo.

     

     

    Art Jakarta 2017 juga menampilkan pertunjukkan tari dan wayang potehi, lho. Pertunjukkan tari kontemporer Kukusan Peken oleh komunitas KitaPoleng dari Bali akan ditampilkan pada hari Sabtu pukul setengah 8 malam. Sedangkan, pertunjukkan Wayang Potehi oleh Rumah Cinta Wayang akan hadir di hari Jumat pukul 7 malam dan Sabtu pukul setengah 12 siang.

    Kalau Anda ingin melihat bagaimana seniman “beraksi” dalam membuat karya, Art Jakarta 2017 juga memiliki agenda live painting. Agenda ini diadakan setiap hari di jam-jam tertentu dan diikui oleh empat seniman ternama Indonesia dan mancanegara. Wow! (Hana Devarianti/SW/Image: DOK. Cosmo)