Lifestyle

Art Jakarta 2017 Memperkenalkan Wayang Potehi

  by: Kezia Calesta       29/7/2017
  • What are you looking for in Art Jakarta 2017? Ada banyak hal yang bisa Anda saksikan di art fair tahun ini. Selain ratusan karya dan instalasi seni yang unik, Anda bisa ikut serta dalam auction, workshop, Creative Talk, dan juga menyaksikan berbagai macam performance arts.

     

    [ BACA JUGA: 10 Hal Yang Tak Boleh Terlewat di Art Jakarta 2017 ]



     

    Berdasarkan tema tahun ini yaitu Unity in Diversity, Rumah Cinta Wayang hadir di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada tanggal 28 dan 29 Juli untuk memperkenalkan wayang potehi - sebuah kesenian klasik yang memadukan budaya Tionghoa dan Jawa. Mereka pun membawakan kisah-kisah seru seperti "Hwan Le Hwa: The Warrior Princess" dan "Sun Go Kong", dan pertunjukan mereka tidak hanya berhasil menghibur orang-orang dewasa, tetapi juga para anak-anak yang hadir!

     

     



    Bila Anda tidak familiar dengan wayang potehi, ini kisah di baliknya:

    Kata "potehi" berasal dari Cina dan dibaca dengan dialek Hokkien: "po" dengan arti "kain", "tai" yang artinya "tas", dan "hi" yaitu "pertunjukan". Dengan itu, potehi memiliki arti "boneka tangan".

    Konon, boneka Potehi diciptakan pada zaman dinasti Tang. Saat kaum Tionghoa bermigrasi ke Indonesia, budaya tersebut pun turut dibawa dan diperkenalkan ke rakyat. Hingga sekarang, seni pertunjukan wayang potehi masih dipraktikkan di beberapa daerah di Jawa Timur seperti Blitar, Tulungagung dan Sidoarjo.

    Semoga pertunjukan wayang akan terus hadir di Art Jakarta kedepannya, ya! (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Cosmopolitan Indonesia)