Better You

6 Hal Ini Akan Terjadi Bila Anda Planking Setiap Hari

  by: Kezia Calesta       31/7/2017
  • Planking adalah salah satu olahraga simpel yang paling efektif untuk tubuh. Hanya dengan melakukan gerakan plank selama 60 detik setiap harinya, otot tubuh akan menjadi kuat dan Anda pun akan merasakan manfaatnya.

     



    Ini cara melakukan plank dengan benar:

    1. Mulailah dengan posisi plank dengan lengan bawah dan jemari kaki sebagai tumpuan.

    2. Tubuh Anda harus tetap stabil dan membentuk garis lurus.

    3. Perhatikan supaya bagian perut tidak menurun dan bokong tidak naik!

    4. Lemaskan leher Anda dan arahkan tatapan ke bawah.

    5. Tahan posisi selama 30 detik dan terus berlatih hingga Anda bisa planking selama 60 detik.

     

    Ini dia 6 hal menakjubkan yang akan terjadi pada tubuh bila Anda planking setiap hari:

     

    1. Otot inti tubuh akan semakin kuat.

    Dengan melakukan planking sebanyak 3 kali sehari, ini otot-otot tubuh yang akan bertambah kuat:

    • Transverse abdominis: kemampuan untuk mengangkat beban akan semakin baik.
    • Rectus abdominis: performa olahraga akan meningkat, dan Anda akan semakin mudah mendapat six pack.
    • Oblique muscles: tubuh akan semakin lentur dan stabil.
    • Glutes: tulang punggung akan lebih kuat dan bokong Anda akan semakin kencang dan terbentuk.

     

    [ BACA JUGA: Olahraga yang Sesuai Untuk Suasana Hati Anda ]

     

    2. Risiko cedera tulang belakang dan punggung akan berkurang.

    Berdasarkan studi dari American Council on Exercise, planking secara reguler tidak hanya akan mengurangi sakit punggung, tetapi juga menguatkan otot supaya tulang belakang semakin kuat dan terlindung.

     



    3. Metabolisme akan meningkat.

    Yes, planking lebih efektif dari crunch atau sit-up karena seluruh tubuh akan bekerja untuk menahan berat badan Anda sendiri. Otot yang sudah kuat berkat latihan planking akan memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak energi meski Anda sedang tidak bergerak, lho!

     

    [ BACA JUGA: 10 Alasan untuk Olahraga, Meski Anda Membencinya ]

     

    4. Postur tubuh akan membaik.

    Planking akan memperbaiki kemampuan Anda untuk berdiri dengan postur yang tegap. Dengan mengencangkan inti tubuh, otot abdomen akan memberikan dampak baik terhadap kondisi leher, pundak, dada dan punggung.

     

    5. Keseimbangan dan kelenturan tubuh akan menjadi lebih maksimal.

    Apakah Anda pernah mencoba untuk berdiri menggunakan satu kaki, namun keseimbangan tubuh langsung hilang setelah beberapa detik? Itu karena otot perut Anda kurang kuat! Dengan planking, keseimbangan tubuh akan membaik – dan otot tubuh juga akan semakin lentur dari bagian pundak hingga lutut dan kaki.

     

    [ BACA JUGA: Pilihan Olahraga Yang Sesuai Dengan Kepribadian Anda ]

     

    6. Stres tubuh akan berkurang.

    Bila Anda sering bekerja di depan komputer, otot paha dan kaki Anda akan merasa berat akibat tertekuk selama berjam-jam. Planking meregangkan otot kaku dan mengurangi stres yang dialami tubuh dan saraf. So, do you need more reasons to plank?

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. G-stockstudio / Shutterstock / Clickphotos)