Career

Yes, Ini Manfaat Kartu Kredit Bagi Milenial Indonesia

  by: Alvin Yoga       5/7/2018
  • Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2017 kemarin terdapat 80 juta orang yang lahir di Indonesia antara tahun 1980 hingga 2000. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat menjadi lebih dari 94 juta orang atau sekitar 35 persen dari jumlah total populasi Indonesia di tahun 2020 mendatang.

    Dengan jumlah sebanyak ini, tak mengejutkan rasanya, jika milenial akan membentuk demografi terbesar di Indonesia dan berperan sebagai tulang punggung perekonomian seiring dengan laju pertumbuhan belanja mereka pada tahun-tahun ke depan. Bahkan, menurut data yang dikeluarkan oleh Bank UOB Indonesia, belanja milenial saat ini berkontribusi sekitar 30 persen dari total transaksi kartu kredit UOB Indonesia. Wow!

    Generasi milenial – termasuk kamu, pastinya - memang identik dengan gaya hidup yang praktis dan modern. Milenial terutama sangat tertarik dengan dunia digital, yang memudahkan mereka berkomunikasi dan beraktifitas secara online. Sebut saja, banyak kaum milenial yang kini tak bisa lepas dari penggunaan taksi online, belanja tiket secara daring, maupun online shopping. Nah, untuk beberapa penggunaan tersebut, kartu kredit menjadi salah satu faktor penting yang mendukung gaya hidup para milenial.



    Menurut data yang dikeluarkan oleh visa, dalam hal berbelanja, 70 persen dari generasi milenial bahkan kini sudah mulai meninggalkan pembayaran secara tunai dan beralih ke kartu kredit atau debit.

    Jujur saja, di zaman serba modern seperti ini, memang sulit jika kamu tidak memiliki setidaknya satu kartu kredit. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memiliki kartu kredit. Mulai dari mencicil gadget terbaru (tak mau, kan, FOMO dengan smartphone yang ketinggalan zaman?), belanja online, hingga membeli tiket traveling dengan harga promo.

    Berdasarkan riset yang dilakukan oleh JakPat Mobile Survey bersama dengan Brilio.net, 47% milenial Indonesia saat ini memang setidaknya sudah memiliki satu kartu kredit. Riset terhadap 1021 milenial Indonesia tersebut juga menunjukkan bahwa mayoritas kaum milenial Indonesia memang lebih suka melakukan transaksi nontunai ketika berbelanja.

    Dibandingkan dengan kartu debit, kartu kredit merupakan salah satu bentuk pembayaran yang lebih favorit. Sebanyak 63% milenial bahkan mengakui kebutuhan mereka akan kartu kredit, baik untuk menikmati program diskon, cicilan, hingga cadangan untuk keadaan darurat.

    Meski begitu, 66% milenial mengaku masih kesulitan mengetahui kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, untuk yang satu ini, tak perlu khawatir, ada satu kartu kredit yang bisa menjadi opsi pilihan kamu. PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) telah meluncurkan kartu kredit UOB YOLO Card (“You Only Live Once”), sebuah kartu kredit yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan segmen milenial Indonesia berusia 21 – 35 tahun yang mandiri secara keuangan dan menyenangi gaya hidup praktis serta modern.

    Dessy Masri, Head of Cards and Payments UOB Indonesia mengatakan, “Generasi milenial memiliki karakter smart, dynamic, confident, fun dan sangat mementingkan work-life balance. Hidup Seseru Yang Kamu Mau, because You Only Live Once, adalah tagline yang sesuai menggambarkan mereka. Kartu Kredit UOB YOLO Card pun kami kembangkan dengan fitur dan program yang memahami generasi ini.” 



    UOB YOLO Card menawarkan beragam fitur yang sesuai dengan prioritas keseharian milenial Indonesia seperti kamu, yaitu:

    1. Free Grab Rides - Gratis Voucher Grab senilai Rp20.000 setiap melakukan 5 kali transaksi ritel per bulan dan berlaku kelipatan.

    2. Cicilan 0% kategori hotel and travel - Fitur cicilan hingga 6 bulan untuk transaksi pada kategori hotel dan travel dimana saja dengan minimum sebesar Rp1.000.000.

    3. Bebas iuran tahunan - Gratis iuran tahunan dengan melakukan transaksi setiap bulannya.

    4. Daily Deals - Penawaran menarik setiap hari untuk makan, minum, nonton, belanja online, travel, dan lain sebagainya.

     Selain itu, UOB YOLO Card juga tampil dengan desain yang unik yaitu Quick Read, dimana 16 digit nomor kartu disusun secara vertikal dengan susunan 4x4 di pojok kanan atas kartu yang ditujukan untuk memudahkan membaca saat melakukan transaksi online. Keunggulan lain yang ada pada UOB YOLO Card adalah teknologi Contactless sehingga transaksi menjadi lebih cepat dimana pemegang kartu cukup menempelkan kartu pada mesin EDC setiap kali melakukan transaksi. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan penawaran UOB YOLO Card, kamu dapat mengunjungi www.uob.co.id/YOLO. Selamat membuat kartu kreditmu, dear!

    (Alvin Yoga / AP / Image: paffy©123RF.com)