Better You

7 Kebiasaan Kecil yang Bisa Turunkan Berat Badan

  by: Kezia Calesta       7/7/2018
  • “Olahraga setiap hari! Diet ketat dengan sayuran dan buah saja!” Sudah bosan mendengar nasihat tersebut dari pakar kesehatan? Ladies, ada kebiasaan lainnya yang bisa kamu praktikkan untuk menurunkan berat badan, lho. Simak tips Cosmo berikut.


    1. Perbanyak asupan air putih.

    Ladies, mulai setiap pagi dengan 1-2 gelas air sebelum beraktivitas! Banyak studi telah membuktikan bahwa metabolisme tubuhmu dapat naik saat kamu rajin meminum air putih, lho. Selain itu, asupan air yang cukup juga bisa menahan keinginan kamu untuk mengemil. So, bawalah botol air dalam tas agar kamu bisa selalu meminum air putih saat bepergian!




    2. Perhatikan tekstur makanan kamu.

    Pernah lupa diri dan menghabiskan satu pint ice cream di rumah? We feel you. Es krim tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki tekstur yang lembut dan meleleh. Karena itu, melahap es krim menjadi semakin mudah! So, perhatikan asupan saat memakan hidangan yang mudah dicerna seperti mashed potatoes atau es krim. Karena tidak perlu banyak mengunyah, kamu pun akan cenderung makan berlebihan. Say no to overeating.

    3. Dapatkan tidur yang cukup.

    Menurut American Psychological Association, kekurangan tidur dapat menaikkan level stres, melemahkan sistem imun, dan menaikkan berat badan. How? Saat kurang tidur, hormon stres kortisol akan meninggi, dan cara tubuh menurunkan kortisol adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya lemak dan karbohidrat. Oh, no! Maka dari itu, dapatkan 7 jam tidur setiap malam untuk menjaga tubuh agar tetap fit.


    4. Cari ide kencan yang seru.

    Ladies, kamu tidak harus selalu menghabiskan waktu bersama pasangan di restoran, kafe atau bar. Ada banyak cara untuk menjalankan quality time sambil membakar kalori! Cosmo ada ide yang seru dan produktif: selain sight-seeing dengan mengunjungi museum baru atau akuarium, kamu juga bisa mengajak si dia olahraga bersama seperti jogging atau bersepeda. Psst, sesi berciuman yang panas juga efektif membakar kalori, lho!





    5. Siapkan sarapan yang sehat pada malam sebelumnya.

    Apakah kamu sering melewatkan sarapan karena terburu-buru? Ladies, kebiasaan ini tidak baik – kamu akan cenderung mengisi perut dengan makanan seadanya, atau memilih camilan yang tidak sehat seperti gorengan atau mie instan. Untuk menghindari hal tersebut, sisihkan waktu pada malam hari untuk menyiapkan sarapan yang lezat dan bernutrisi seperti overnight oats. Problem solved!


    6. Hindari kebiasaan makan sambil bekerja.

    Sering melahap makanan sambil bekerja? Duh, ternyata kebiasaan tidak fokus saat makan ini bisa membuat kamu makan berlebihan, lho. Singkirkan laptop kamu untuk sejenak, matikan televisi, dan duduklah di meja makan! Dengan begitu, kamu akan semakin sadar akan porsi makanan yang dihabiskan.



    7. Perhatikan konsumsi minyak.

    Did you know? Konsumsi minyak yang berlebihan bisa menambahkan ratusan kalori ke dalam tubuh. Minyak kelapa dan olive oil memang lebih sehat dari minyak biasa, namun kandungan kalorinya tetap sama! Maka dari itu, kurangi makanan berminyak jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan efektif. Good luck!


    (Image: doc. Kamil Macniak©123RF.com)