Beauty

12 Trik Pertahankan Bentuk Tubuh Di Kala Liburan

  by: Astriana Gemiati       9/7/2018
  • Menikmati musim liburan sama juga dengan kamu menikmati berbagai macam kuliner di berbagai tempat yang kamu kunjungi. Terkadang sajian kuliner terlihat begitu menggoda untuk dicipipi. Alhasil, resolusi atau jadwal diet yang terprogram dengan baik sempat terabaikan! Tidak ada yang salah dengan hal itu. 


    Kamu ingin tetap menginginkan tubuh bagaikan model ala Victoria's Secret seperti salah satunya Alessandra Ambrosio?




    Cosmo akan berikan 12 trik yang bisa kamu coba lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan:


    #1. Lebih baik makan jangan terlalu kenyang

    Kebanyakan dibeberapa tempat rumah makan banyak menyajikan menu unik yang menggiurkan, ada baiknya pesan secukupnya dan sesuaikan dengan porsi kamu.


    #2. Pertahankan latihan rutin kamu

    Jika kamu terbiasa dengan jadwal gym kamu dan harus terganggu dengan liburan, coba ganti dengan aktivitas yang kamu lakukan. Misalnya, treadmill bisa kamu ganti dengan jalan kaki menuju tempat yang ingin tuju dengan jarak km yang kamu inginkan. Atau cari tahu juga jika salah satu penginapan menyediakan aktivitas olahraga seperti tenis, basket, atau berenang.


    #3. Perhatikan sajian saat kamu makan dan minum

    Salah satu alasan kita cenderung berlebihan adalah karena kita tidak memerhatikan apa yang kita makan dan minum dikarenakan asyik dan sibuk mengobrol dan bersosialisasi. Fokus dengan apa yang kamu makan dan minum, dengan cara ini selain dapat mengontrol apa yang kamu makan, kamu juga dapat sekaligus menikmatinya.


    #4. Menggunakan pakaian yang pas di badan

    Disarankan, hindari memakai pakaian yang terlalu longgar, ini bisa menyebabkan kamu jadi lebih leluasa pada saat makan. Jika kamu menggunakan yang pas di badan, otomatis kamu akan berfikir dua kali saat mengonsumsi makanan berlebih karena takut akan perut cepat terlihat buncit.


    #5. Hindari junk food

    Terkadang perjalanan liburan yang panjang membuat kamu mengambil jalan pintas untuk memilih junk food sebagai sajian makanan kamu setiap hari karena takut untuk mengambil resiko rasa makanan lokal. Padahal makanan lokal biasanya lebih alami dan tidak ada proses kimiawi. Jadi patut dicoba!


    #6. Dengarkan tubuh Anda!

    Kelelahan dapat terjadi, coba ambil jeda dan istirahat. Jadwalkan pijatan, dan jadikan kelas yoga sebagai prioritas. Ini untuk menyeimbangkan tubuh raga kamu.




    #7. Menghadiri Pesta

    Datanglah pada saat kamu dalam keadaan perut yang sudah terisi. Jangan sampai kamu melewatkan sarapan atau makan siang, atau bahkan makan malam demi bisa menyicipi segala macam makanan di tempat jamuan. Coba minum air putih untuk membantu kamu agar cepat kenyang dan bisa mengambil porsi yang lebih sedikit pada saat mencicipi semua makanan.


    #8. Pantau konsumsi alkohol

    Ingat alkohol mengandung banyak kalori. Bir rendah kalori bisa jadi opsi pilihan. Namun pastikan juga kamu mengontrol agar tetap terhidrasi dengan baik setiap kamu sedang mengonsumsi minuman beralkohol.


    #9. Coba memperlambat dan mengunyah makanan

    Tahukah kamu bahwa otak memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mulai memproses sinyal kenyang. Semakin cepat kamu makan, semakin sedikit waktu yang diberikan tubuh untuk menyadari apakah kita sudah benar-benar kenyang. Beri jeda waktu ketika kamu ingin memutuskan apakah benar-benar membutuhkan porsi kedua atau tidak.


    #10. Memilih menggunakan piring kecil

    Sugesti untuk mengambil porsi banyak akan terhindar dikarenakan wadah kecil yang mengharuskan kamu hanya mengambil makanan lebih sedikit dan merasa cepat kenyang.


    #11. Buat jadwal

    Jika kamu berencana untuk berwisata kuliner, ada baiknya kamu mencari dahulu signature atau makanan favorit di restaurant tersebut. Ini bisa jadi tips, agar kamu bisa memesan menu makanan lebih sedikit, daripada menebak-nebak dan memilih makanan dengan resiko rasa yang kurang enak dan kembali memesan dengan menu yang berbeda.


    #12. Fokus untuk mendapatkan tidur yang berkualitas

    Menikmati perjalanan liburan hingga membuat kamu tidak membatasi kapan akan berakhir untuk beristirahat malam. Padahal, kurang tidur bisa membuat kamu terpicu lebih cepat mudah laper dan mengunyah makanan lebih banyak dari biasanya. Usahakan kamu tidur cukup, yaitu tujuh hingga sembilan jam setiap hari.


    ( Image: Dok Instagram @alessandraambrosio )