Better You

6 Cara Mudah untuk Minum Lebih Banyak Air Putih

  by: Kezia Calesta       11/7/2018
  • Tidak suka minum air putih? Ladies, kamu pasti tahu bahwa kebiasaan ini sebenarnya sangat esensial untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Wanita membutuhkan sekitar 2,2 liter air putih per hari untuk menjaga hidrasi tubuh, lho. Bila kamu seringkali tidak menghabiskan satu botol air dalam jangka waktu 3 jam dan air urin kamu biasanya berwarna kuning, itu pertanda yang buruk! Praktikkan 6 trik mudah dari Cosmo untuk meningkatkan konsumsi air putih kamu setiap hari.


    1. Minumlah segelas air putih setelah kamu membuang air kecil.



    Setiap kali kamu membuang air kecil, kamu juga mengeluarkan cairan dari tubuh. Time to refill your body! Setiap kali kamu meninggalkan kamar mandi, berhentilah sejenak di depan water dispenser untuk mengisi dan menghabiskan satu gelas air.


    2. Minum sebelum makan.

    Yup, tidak ada ruginya meminum satu gelas air putih sebelum makan. Selain membersihkan mulut, air putih bisa membantu kamu mengontrol nafsu maka agar kamu tidak akan makan berlebihan.


    3. Tambahkan es batu ke dalam minuman manis.

    Bila kamu seorang penggemar minuman manis, tambahkan air atau isilah setengah gelas dengan es batu. Kamu akan tetap mendapat rasa manis yang diinginkan, namun kamu juga berhasil meningkatkan hidrasi tubuh dengan bantuan es batu.


    4. Tambahkan rasa ke dalam air putih kamu.



    Jika kamu tidak suka meminum banyak air putih karena rasanya hambar, tambahkan irisan buah segar ke dalam botol air! Kamu bisa menambahkan irisan buah stroberi dan lemon, atau timun dan daun mint. Setelah habis, tinggal isi ulang, deh! Cosmo yakin, kamu pasti jadi ingin minum terus.


    5. Perbanyak konsumsi makanan dengan kadar air tinggi.

    Satu trik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi: tambahkan sayuran atau buah-buahan yang berair ke dalam menu kamu seperti semangka (96% air) dan timun (96% air).


    6. Ikuti peraturan 1:1 saat minum alkohol dan kopi.

    Saat sedang hangout bersama teman-teman di kafe atau bar, ikuti peraturan satu banding satu (1:1) - untuk setiap gelas yang kamu habiskan, minumlah satu gelas air setelahnya. Karena alkohol dan kopi bersifat diuretic, kamu wajib menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Ditambah lagi, kamu juga mengurangi kemungkinan hangover esok paginya!


    (Image: doc. pixabay.com)