Better You

Sering Mengorek Hidung, Ternyata Berbahaya!

  by: Redaksi       12/7/2018
  • Rasanya kamu selalu ingin membersihkan setiap kotoran yang ada di dalam tubuh kamu, salah satunya di dalam hidung. Kotoran di dalam hidung terkadang memang mengganggu, karena kalau terlalu menumpuk rasanya seperti ada yang ganjal saat bernapas . But did you know, ladies? Tidak semua kotoran itu buruk, bahkan kotoran yang ada di tubuh kamu membantu untuk melindungi agar bakteri tidak ‘mampir’ di tubuh kamu. Dan yang lebih mengangetkan, terlalu sering mengorek hidung akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu, apa saja yang akan terjadi? Simak, ya.




    1. Rentan Terkena Flu

    Jika kamu memasukkan jari ke dalam hidung terlalu sering, maka hidung kamu akan terkontaminasi virus melalu selaput lendir di hidung yang akan menyebabkan flu. Hal ini terjadi karena gesekan dari jari kamu yang memaksa kotoran tersebut keluar. Just chill, lebih baik kotoran itu menetap sementara daripada kamu harus terkena penyakit yang akan menghambat aktivitas kamu (pasti akan sangat merepotkan).


    2. Oh No, Nosebleed!

    Don’t push it too hard! Terlalu menekan jari kamu saat ingin membersihkan kotoran hidung akan membuat lapisan di dalam hidung menjadi cedera . Hal ini sangat fatal karena lapisan tersebut berfungsi sebagai pelindung area di dalam hidung. Karena terjadi cedera, pendarahan terjadi.


    3. Hidung Akan Terkena Infeksi

    Serupa dengan penyebab mimisan dan serangan penyakit flu, namun hidung kamu akan semakin parah jika kamu tidak berhati-hati saat mengorek hidung. Karena tak ada lapisan yang melindungi akan membuat banyak bakteri masuk dan mengakibatkan hidung kamu terkena infeksi. Sounds creepy!




    4. Bulu Hidung Rontok

    Mengorek hidung juga akan ‘mengusik’ keberadaan bulu hidung. Karena bulu hidung sangat rentan rontok, maka gesekan jari kamu saat mengambil kotoran hidung akan membuat bulu hidung berkurang karena terbawa kotoran yang kamu ambil. Hal ini sangat berbahaya, kotoran hidung malah akan semakin bertambah karena tak ada bulu hidung yang melindungi. You can say bulu hidung adalah ‘bodyguard’.


    Well, bagaimana menurut kamu? Mulai sekarang coba lebih berhati-hati saat mengorek hidung, ya.


    (Nadhifa Arundati / AK / Image: Doc. goodluz©123RF.com)