Love & Sex

7 Body Language yang Tunjukkan Pacarmu Berbohong

  by: Alvin Yoga       15/7/2018
  • Let's say, kamu dan pacarmu sedang mengobrol berduaan, dan di tengah pembicaraan si dia tiba-tiba bertingkah aneh. Sebut saja, si dia mendadak jadi lebih sering melirik ke arah kiri, atau menyembunyikan telapak tangannya ketika sedang menjelaskan sesuatu. Kamu pun jadi curiga, "Hmm, jangan-jangan si dia sedang berbohong."

    Well, menurut Patti Wood, seorang body language expert dan pengarang dari SNAP: Making the Most of First Impressions, Body Language, and Charisma, "Tubuh biasanya akan bereaksi sesuai dengan keadaan fisiologis. Semisal, jika kamu berusaha menyembunyikan sesuatu, tubuhmu jadi ikut bereaksi dengan ikut menyembunyikan sesuatu dari pandangan. Begitu juga ketika seseorang sedang berbohong padamu, otak jadi ikut bereaksi dengan mengirimkan sinyal-sinyal pada tubuh."

    Patti menjelaskan bahwa apa yang terjadi pada tubuh tersebut disebut dengan sistem limbik (AKA bagian otak yang mengatur fungsi bawah sadar), dan sistem ini bereaksi langsung ketika si dia tiba-tiba bertingkah aneh. Ingin tahu apa saja yang bisa membuat sistem limbikmu tiba-tiba bereaksi (maksudnya, si dia sedang berbohong)? You read this.




    1. Si dia tiba-tiba menyisir rambutnya dengan tangan atau merapikan bajunya

    Jika si dia tiba-tiba "self grooming" seperti menyisir rambutnya ketika kamu sedang membicarakan temanmu yang diselingkuhi oleh kekasihnya, well, bisa jadi ini adalah sebuah tanda bahwa si dia sedang menyembunyikan sesuatu. "Mengapa si dia harus bereaksi ketika justru orang lain yang sedang berbohong? That doesn't make sense," ujar Patti.


    2. Si dia menepuk-nepuk punggung kamu ketika kalian sedang berpelukan

    "Kamu pasti pernah kan, dipeluk oleh seseorang, dan karena kamu merasa sedikit kurang nyaman dengan orang tersebut, kamu tidak balas memeluknya dengan erat namun justru menepuk-nepuk punggungnya perlahan? Nah, inilah yang sedang ia lakukan padamu sekarang," ujar Patti. Patti juga menjelaskan bahwa hal tersebut sebenarnya sah-sah saja terjadi di beberapa kencan pertama. Namun jika hubungan kalian sudah sedekat itu dan si dia melakukannya padamu, well, it could just be a sign he's not that into you.


    3. Si dia terlihat kesal, meski hanya dalam sedetik

    Ketika kamu sedang membicarakan suatu topik, si dia tiba-tiba mengerutkan dahinya atau memutar matanya ke arah lain - meski hanya dalam beberapa milidetik. Uh-oh. "Micro facial expressions biasanya terjadi sangat cepat, namun terlihat jelas pada keseluruhan wajah. Hal ini terjadi karena sistem limbik bereaksi lebih cepat dibandingkan pikiran kamu. Dengan kata lain, kamu sebenarnya tidak ingin melakukannya, namun sebelum kamu sempat berpikir seperti itu, kamu sudah melakukannya," ujar Patti. Yup, si dia sebenarnya tidak suka kamu membicarakan topik tersebut, dan kemungkinan besar topik tersebut ada hubungannya dengan apa yang sedang ia lakukan belakangan ini.




    4. Ia menyembunyikan telapak tangannya

    "Orang yang jujur biasanya menunjukkan telapak tangannya agar tetap terlihat ketika sedang bicara," ujar Traci Brown, seorang body language expert dan pengarang Persuasion Point: Body Language and Speech for Influence. Hal ini berarti, jika si dia menaruh tangannya di kantong, atau meletakkannya di bawah meja, atau justru menyembunyikannya di balik punggung ketika sedang berbicara, si dia kemungkinan besar sedang berbohong.


    5. Si dia menyentuh daerah sekitar mulutnya

    Semisal, si dia menggaruk-garuk tepian bibirnya, atau menyentuh bagian bawah bibirnya sambil berpikir, atau justru menggigit bibirnya sebelum menjawab pertanyaanmu. "Mereka yang menutupi daerah sekitar mulutnya, sebelum atau ketika sedang berbicara, kemungkinan besar sedang menyembunyikan sesuatu," ujar Traci. Well, mungkin tidak semua yang ia katakan itu bohong, namun pasti ada informasi yang sengaja ia tutup-tutupi darimu.


    6. Si dia tanpa sadar menjauhkan smartphonenya

    Ia sedang asyik bermain dengan smartphonenya, lalu tiba-tiba ia menjauhkan layarnya dari pandanganmu ketika kamu mendekat. Tujuannya? Supaya kamu tidak bisa melihat dengan jelas apa sedang ia lakukan. Hmm... Atau, semisal kalian sedang makan bersama. Jika biasanya ia menaruh handphonenya di atas meja, kali ini ia tidak melakukannya. Sekalipun ia melakukannya, bagian atas handphonenya tidak mengarah padamu, namun justru menghadap arah kirinya. He is obviously hiding something from you, dear.


    7. Ia mengubah cara bicaranya

    Si dia tiba-tiba berbicara dengan nada yang lebih tinggi, atau justru mengeraskan volume suaranya ketika sedang menjelaskan sesuatu. "Hal ini sebenarnya terjadi karena ia sedang berusaha untuk meyakini dirinya sendiri. Selain itu, mereka yang sedang berbohong juga tidak sadar bahwa nada bicara atau volume suaranya berubah dari biasanya," ujar Traci. So, did he lie to you, dear?

    (Alvin Yoga / AK / Image: Dok. Outnow.ch)