Better You

Ini Semua yang Perlu Kamu Tahu soal Menstrual Cup

  by: Hana A. Devarianti       17/7/2018
  • Sebagai salah satu produk kewanitaan untuk menstruasi, menstrual cup mungkin terdengar asing buat kamu karena memang produk ini belum populer di Indonesia. Tapi, di luar negeri produk ini sedang mendapatkan momen ketenarannya. Di Australia, misalnya, penjualan dari produk yang sudah ada sejak tahun 1930an ini telah meningkat sebanyak 90%. Wow! Dan, ini terjadi bukan tanpa alasan. Melihat keuntungan yang dimiliki, jelas saja menstrual cup jadi sorotan akhir-akhir ini.

     

    Contohnya saja, keuntungan bahwa menstrual cup tidak mengandung bahan kimia, dan disebut lebih sehat buat tubuh karena terbuat dari medical-grade silicone. Para ahli mengatakan kalau menstrual cup lebih aman dibanding tampon karena dapat menurunkan risiko infeksi bakteri toxic shock syndrome. Begitu pula kalau dibandingkan dengan pembalut yang kadang dapat menimbulkan iritasi dan bau tak sedap pada area Miss Cheerful.




    Tak cuma itu, produk kewanitaan ini lebih ramah di kantong. Memang sih membeli menstrual cup akan terasa mahal di awal karena harga yang ditawarkan mulai dari Rp350.000,- hingga Rp750.000,-. Namun, menstrual cup dapat digunakan berkali-kali hingga 10 tahun lamanya. Yes darling, kamu tak perlu pusing membelinya tiap bulan.


    Kelebihan lainnya: berkat kemampuannya yang reusable, produk ini juga lebih ramah eco-friendly. Yup, kamu tidak hanya memberikan manfaat yang signifikan buat diri sendiri tetapi juga pada lingkungan. Imagine that!

     

    Bagaimana cara "kerja" dari menstrual cup?

    Berbeda dengan pembalut dan tampon yang menyerap darah menstruasi, menstrual cup menampungnya. Dengan bentuknya yang mirip seperti bel, menstrual cup dapat “menadah” darah menstruasi bahkan saat sedang deras-derasnya. Cara memakainya sama seperti tampon, yaitu dengan memasukkannya ke dalam Miss Cheerful.



    Dalam satu hari, kamu hanya perlu membuang darah menstruasi yang telah ditampung sekitar dua sampai tiga kali, tergantung dari sedang seberapa “deras” siklus kamu. Menstrual cup juga dapat digunakan saat tidur. Nah, yang penting adalah jangan lupa untuk mencucinya dengan air bersih sebelum menggunakannya kembali. Setelah siklus selesai, sterilkan kembali menstrual cup dengan “merebusnya” di air mendidih sebelum disimpan ke tempat yang bersih. Easy peasy, right?

     

    Seperti apa sih rasanya ketika memakai menstural cup?

    Kamu yang belum pernah mencoba memakai tampon, mungkin awalnya akan merasa tidak nyaman menggunakan menstrual cup. Tapi, setelah satu siklus penggunaan, rasa tak nyaman tersebut biasanya akan hilang. Mereka yang telah memakainya malah mengatakan kalau menggunakan menstrual cup rasanya seperti tak menggunakan apa-apa! Oh ya, kamu juga tak perlu takut bocor karena menstrual cup dapat menampung dua kali lebih banyak dibandingkan tampon dan pembalut. It's surely feel comfortable.

     

    (Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Cosmopolitan Juni 2018 dengan judul All You Need To Know About Menstrual Cup. Penulis: Hana Devarianti/FT. Image: Yulia Grogoryeva©123RF.com)