Better You

Rambut Mulai Rontok? Coba Bahan-bahan Alami Ini!

  by: Redaksi       19/7/2018
  • Rambut rontok menjadi salah satu masalah wanita yang menjengkelkan. Saat model rambut sedang on point, tiba-tiba perhelai rambut kamu gugur begitu saja (lebih parahnya lagi, rambut kamu semakin menipis), worse comes to worst! Mungkin mengatasi rambut rontok dengan ramuan bahan kimia sudah biasa, dan memberikan pengaruh yang cukup baik. Tetapi jika rambut kamu terus diberikan bahan kimia, pasti akan ada efek sampingnya. Ladies, apakah kamu pernah mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut rontok? Because it works! Tanpa banyak mengoceh, simak bahan-bahan alami ini, ya!




    1. Kemiri

    Bahan yang satu ini memang sudah dikenal dari zaman nenek moyang karena kandungan minyaknya yang dapat menyuburkan rambut. Minyak kemiri memiliki manfaat untuk memperkuat akar rambut dan dapat menjaga rambut kamu agar tidak gugur begitu saja. Cara menggunakan kemiri cukup mudah, tumbuk kemiri sampai halus dan mengeluarkan minyak, lalu oleskan ke akar rambut, Voilà! Rambut rontok akan segera hilang.


    2. Yogurt

    Yummy! Eits, tetapi bahan yang satu ini bukan untuk kamu konsumsi saja, melainkan diaplikasikan ke rambut rontok kamu. Oleskan yogurt ke kulit kepala kamu, diamkan selama 15 menit. Kamu perlu melakukan ini selama 1 atau 2 minggu untuk memberikan hasil yang kamu harapkan.


    3. Teh Hijau

    Selain meminum teh hijau untuk kesehatan dalam tubuh, namun teh hijau juga dapat digunakan untuk bagian luar tubuh, lho. Teh hijau memiliki kandungan vitamin E dan C yang membantu melembabkan dan melindungi rambut dari sinar matahari, kandungan ini membuat rambut rentan mengalami kerontokan. Kamu hanya perlu menyeduhkan air panas dan teh hijau, tunggu sampai airnya dingin, lalu bilas dengan air teh hijau.




    4. Bawang Putih

    Sounds weird, tetapi bahan yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Bawang putih memiliki nutrisi dan belerang yang berfungsi untuk membuat rambut tidak malnutrisi serta menangkal kerusakan akar rambut. Walaupun bawang putih mengeluarkan bau aneh (seperti mencium masakan dari dapur) tetapi kamu perlu menggosokan area rambut yang rontok dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Demi rambut yang sehat, kamu harus rela disamakan dengan makanan untuk sementara!


    5. Aloe Vera

    Bahan yang satu ini memang kaya akan manfaat, ya. Selain untuk melembabkan kulit dan bibir, namun aloe vera juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut. Kamu cukup mengambil lendir dari dalam aloe vera, lalu usapkan ke akar rambut dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. You’ll see how it works!


    (Nadhifa Arundati / Image: Doc. Andriy Popov©123RF.com)