Better You

Cara Diet Ini Bikin Berat Badan Kamu Jadi Naik!

  by: Redaksi       22/7/2018
  • Demi mendapatkan tubuh ramping, segala cara kamu lakukan mulai dari olahraga rutin, dan diet ketat. Tetapi kamu juga perlu memerhatikan pola hidup sehat yang kamu jalani, is it in the right way – or not. Cosmo menemukan beberapa cara diet yang justru akan membuat berat badan kamu jadi naik (nightmare!!!). Ladies, simak sebelum terlambat, ya!






    Sarapan Dengan Sereal Granola

    Komposisi yang satu ini memang sedang tren. Yes indeed, granola memang tergolong makanan sehat yang di dalamnya terdapat oat dan kacang-kacangan asli. Tetapi jika kamu mengonsumsi granola sebagai bahan dasar sereal – mencampurkan granola dengan susu justru akan overconsumption! Karena kandungan dari granola sendiri sudah mengandung gula dan kadar minyak yang cukup banyak, which is sereal granola bukan hidangan sarapan yang tepat saat diet. 


    Balas Dendam Setelah Berolahraga

    Memang saat kamu melakukan olahraga akan menurunkan beratus-ratus kalori. Kamu pasti berpikir setelah melakukan pembakaran kalori, tubuh akan berstatus aman. Eits, tetapi hal ini akan sia-sia jika kamu mengonsumsi makanan yang salah setelah berolahraga. Karena terlalu lelah, kamu memutuskan untuk mengonsumsi makanan apa saja yang diinginkan. Contoh: saat melewati restoran fast food, kamu tertarik untuk mengunjungi. Well, selamat! Kamu sudah menghancurkan usaha olahraga kamu dengan memasukan kandungan 294 + 311 kalori setelah memakan paket cheese burger and french fries.


    Mengurangi Porsi Makanan

    Cosmo admit, kalau mengurangi porsi makan memang benar. Tetapi jangan sembarang mengurangi makanan tanpa melihat menunya. Kalau kamu berpikir seperti “tak apa makan terus, asal porsi sedikit”, di samping itu lauk yang kamu makan kaya akan karbohidrat, what a waste! Hal ini TIDAK akan tergolong sebagai cara diet yang benar. Jika kamu mengurangi porsi, sehari makan 3-4 kali dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, you’ll get fatter, gurl.


    Too Much Cheating

    Saat kamu sedang dalam proses diet, cheating day adalah hari yang kamu tunggu-tunggu. Namun jangan sampai karena terlalu asyik ‘cheating’ kamu jadi lalai dengan program diet yang sudah direncanakan. Mengonsumsi makanan unhealthy saat cheating memang sah-sah saja, namun kalau kamu melakukannya lebih dari satu hari, you need to ask yourself “apakah saya memang sedang dalam program diet?”. #bodygoals: failed.




    Terlalu Berpatok Dengan Cara Diet Orang Lain

    Hal yang bikin kamu iri adalah saat teman kamu berhasil melakukan diet dan jauh lebih ramping dibanding kamu (it sucks!). Tentu tips & trick diet yang ia lakukan boleh saja kamu terima, asal jangan kamu copy seluruh cara yang ia lakukan. Tubuh orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika beberapa makanan cocok untuk tubuh orang lain, belum tentu akan cocok dengan metabolisme tubuh kamu. Saat mendengar teman kamu melakukan diet protein dengan mengonsumsi daging merah, kamu mengikuti cara tersebut. Hasilnya akan 50/50, kalau kamu mengonsumsi daging merah namun iseng menambahkan bahan makanan lain (yang ternyata mengandung kalori tinggi), tentu saja jawabannya: gagal diet. Namun jika kamu melakukan diet protein dan mengetahui persyaratan yang benar, mungkin kamu masih memiliki kesempatan untuk berhasil (tergantung, ya).





    Apakah kamu masih optimis untuk diet? Asal tak melakukan hal-hal yang ada di atas ini, Cosmo yakin kamu bisa!


    (Nadhifa Arundati / AK / Image: Doc. Dmitry Lobanov©123RF.com, GIPHY)