Lifestyle

Daftar Negara Teraman buat Wanita. Indonesia ke Berapa?

  by: Hana A. Devarianti       24/7/2018
  • Kamu pernah merasa tidak aman saat pulang di malam hari? Atau pernah merasa tak nyaman jalan kaki sendirian?


    Sepertinya hal tersebut sudah jadi masalah yang kerap dihadapi wanita. Bahkan, masalah yang dihadapi wanita bukan cuma itu saja. Menurut World Bank, satu dari tiga wanita pernah mengalami kekesaran dalam hidupnya. Tak hanya soal kekerasan, wanita sering pula dihadapkan pada diskriminasi dalam hal sosial, politik, dan ekonomi.




    Pada tahun 2016 lalu, UN lewat program 2030 Agenda for Sustainable Development telah mengakui pentingnya hak-hak perempuan untuk mencapai perdamaian dan keadilan. Bahwa, semua manusia dapat memenuhi potensi mereka dalam martabat dan kesetaraan. Hal ini menyerukan pemberdayaan dan inklusi perempuan dalam mencegah dan menyelesaikan konflik dan membangun perdamaian. Melihat hal tersebut Georgetown Institute for Woman, Peace, and Security membuat indeks yang dapat memperlihatkan negara mana saja yang mampu memenuhi aspek-aspek penting dari pemberdayaan wanita, entah itu di lingkungan rumah, komunitas, atau masyarakat secara luas.


    Indeks bertajuk Women, Peace, and Security (WPS) Index tersebut disusun berdasarkan tiga dimensi dasar kesejahteraan manusia: inklusi (ekonomi, sosial, politik), keadilan (hukum formal dan diskriminasi informal), dan keamanan (di keluarga, komunitas, dan tingkat kemasyarakatan). WPI mencangkup 153 negara, termasuk Indonesia, dengan lebih dari 98% populasi dunia.


    Berikut adalah daftar negara yang berhasil menduduki peringkat 10 besar dalam WPS Index:

    1. Islandia

    2. Norwegia

    3. Swiss

    4. Slovenia

    5. Spanyol

    6. Finlandia

    7. Kanada

    7. Belanda



    7. Swedia

    10. Belgia

    10. Singapura


    Sembilan negara yang berhasil menduduki peringkat 10 besar dalam daftar tersebut adalah negara di Eropa, dengan Kanada menjadi satu-satunya negara di luar benua tersebut yang berada dalam daftar. Amerika Serikat sendiri berada pada urutan ke-22, sedangkan Britania Raya berada di urutan ke-12.


    Untuk negara di Asia, Singapura menjadi negara yang paling aman. Negara tetangga ini menduduki peringkat-10, dengan angka indeks yang sama seperti Belgia. Sedangkan, Jepang, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab juga jadi beberapa negara yang berhasil masuk 50 besar.


    Bagaimana dengan Indonesia? Well, Indonesia berada di urutan ke-90. Untuk area Asia Tenggara, Indonesia masih berada di bawah Filipina dan Thailand.


    Pada sebuah survei yang dilakukan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2016 menemukan kalau dua dari lima wanita Indonesia, atau lebih dari 41%, telah mengalami setidaknya satu dari empat jenis kekerasan (fisik, seksual, ekonomi, atau emosi) dalam hidupnya. Survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik dengan bantuan dari UNFPA (United Nations Population Fund) ini juga menemukan kalau lebih dari 42% wanita dilaporkan mengalami pembatasan terhadap kebebasan wanita. Mulai dari larangan bertemu teman, berkomunikasi dengan keluarga, melakukan praktik keagamaan atau mencari perawatan kesehatan tanpa izin.


    Melihat hal ini, Indonesia sepertinya masih punya banyak PR untuk soal pemberdayaan wanita. Kalau menurut kamu sebagai fun fearless female, apakah kamu merasa aman dan nyaman selama tinggal di Indonesia?


    (Image: instagram.com)