Better You

Ingin Sehat Namun Malas Berolahraga? Ini Triknya!

  by: Alvin Yoga       24/7/2018
  • Ide untuk mencapai target hidup seperti lari maraton 42K, berhenti makan junk food atau gym tiap hari memang menarik. Tapi biasanya hanya berhenti di ujung bibir dan pada akhirnya, Anda justru menyerah pada kenyataan bahwa hal tersebut sulit dilakukan. Your solve: micro-goals. Buat target-target kecil yang lebih mudah dilakukan. Menurut studi yang dikeluarkan oleh Journal of Applied Psychology, meraih target kecil yang progresnya lebih cepat, justru akan lebih memotivasi Anda untuk mencapai target yang lebih besar nantinya. Here’s how to do it.


    Big Fail: Tidur pukul 11 malam setiap hari.



    Small Win: Bangun di waktu yang sama setiap pagi.

    Jujur saja: tidur itu penting. Namun tidak semua orang bisa mengantuk dan langsung tertidur di waktu yang sama setiap harinya. Michael Breus, sleep specialist sekaligus penulis The Power of When mengatakan bahwa jam biologis masing-masing orang memang berbeda. Terutama jika Anda tidak memiliki jadwal tidur yang teratur, maka target untuk “tidur pukul 11 malam setiap hari” kemungkinan besar akan gagal. Memaksakan diri untuk memejamkan mata pun tidak akan membantu, karena Anda sudah terbiasa untuk tidak mengantuk di waktu tersebut.

    Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Dibanding mengatur waktu tidur yang teratur, lebih baik pasang alarm di waktu yang sama setiap paginya. “Begitu Anda membuka mata, cahaya yang masuk ke mata akan segera menghentikan fungsi otak yang mengontrol melatonin – hormon tidur – sehingga membantu Anda untuk bangun,” papar Michael. “Dan jika Anda sudah terbiasa terbangun di waktu yang sama setiap harinya, tubuh Anda akan mengikuti sebuah ritme yang bisa membantu Anda untuk merasa mengantuk di waktu yang sama setiap malamnya,” lanjut Michael.

    Mulai kebiasaan tersebut di hari kerja, dan jika Anda sudah cukup terbiasa maka lanjutkan kebiasaan tersebut di akhir pekan. Dijamin, Anda tak akan perlu repot lagi menyentuh tombol snooze bila mengikuti saran di atas.


    Big Fail: Mengurangi Waktu Duduk di Kursi Kantor

    Small Win: Berjalan kaki 30 menit sehari.

    Anda mungkin pernah mendengar bahwa duduk secara terus menerus lebih buruk bagi kesehatan dibandingkan merokok. Namun, bekerja sambil berdiri juga bukan jawaban yang tepat - kecuali Anda ingin disangka ambeien.  “Berdiri dalam jangka waktu yang lama tidak lebih baik dibandingkan duduk dalam jangka waktu yang sama, keduanya tidak membuat tubuh Anda banyak bergerak,” ujar Krista Stryker, seorang personal trainer dan founder dari 12 Minute Athlete.



    Akan lebih baik bila Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan kaki 30 menit dalam sehari. “Berjalan kaki di luar rumah dapat memberi perubahan yang besar bagi kesehatan, karena tubuh Anda jadi terbiasa untuk bergerak,” ujar Krista. Good news is, Anda tak perlu berjalan kaki selama 30 menit dalam sekali waktu; bagi saja waktu tersebut dengan cara berbelanja di supermarket, berjalan kaki dari rumah ke halte bus, atau menemani anjing peliharaan berkeliling komplek di pagi hari.

    Jika Anda sudah terbiasa – atau merasa bahwa 30 menit adalah waktu yang terlalu singkat, oh well – maka tambahkan waktunya menjadi satu jam dalam sehari. Window shopping di akhir pekan? Ini juga termasuk berjalan kaki, kok.


    Big Fail: Berolahraga setiap hari.

    Small Win: Berolahraga dengan total 90 menit dalam seminggu.

    Selain terdengar kurang realistis, berolahraga setiap hari juga tidak baik untuk tubuh Anda. “Hal ini mencegah pemulihan otot dan justru menambah kemungkinan Anda terkena cedera,” ujar Anna Victoria, seorang personal trainer dan kreator The 12 Week Fit Body Guides. Mulai dengan 45 menit cardio dan 45 menit strength training dalam seminggu. Anda bisa melakukannya dengan cara menggabungkan keduanya menjadi 90 menit saat akhir pekan, atau membaginya menjadi dua hari, atau justru membaginya dalam empat hari. You choose.

    Anda akan melihat hasilnya dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan. “Mulai dari kebiasaan kecil hingga tubuh Anda dapat beradaptasi dengan rutinitas tersebut. Jika Anda konsisten, tubuh akan terbiasa hingga nantinya Anda bisa menambah jumlah waktunya menjadi 120 menit seminggu, dan seterusnya dan seterusnya. Psst, hal ini juga membuat Anda tak perlu menghabiskan uang untuk membayar membership gym yang mahal,” ujar Anna. Keep it up, ladies. Time to rock your targets.

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Outnow.ch)