Beauty

Bubble Hair Colour, Cara Mudah Mengecat Rambut di Rumah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/7/2019
  • Hayo, ngaku! Kamu pasti pernah berpikir untuk mengecat rambut di rumah, kan? Hahaha... tak perlu khawatir, Cosmo mengerti, kok. Mengecat rambut di salon memang lebih aman dan hasilnya pun lebih berkualitas⁠—wajar saja, karena memang dilakukan oleh seorang profesional. Namun kalau bujet kamu tidak cukup (atau mungkin penasaran untuk mencoba mengecat rambut sendiri), ada cara yang mudah untuk mengecat rambut di rumah, yakni menggunakan bubble hair color. Apa, sih, yang membuat bubble hair colour berbeda dari cat lain? Apa yang membuat jenis cat rambut ini mudah untuk digunakan? Yuk, cari tahu!


    Apa Itu Bubble Hair Colour?

    Jika biasanya cat rambut memiliki tekstur cat yang kental, bubble hair colour berupa busa. Dan jika cat rambut biasanya diaplikasikan menggunakan kuas, bubble hair colour bisa diaplikasikan pada rambut hanya menggunakan tangan (tentunya dengan perlindungan sarung tangan), tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan sampo sehingga lebih mudah untuk diratakan. Nah, tapi perlu diingat bahwa segala hal memiliki pro dan kontra, dan kekurangan bubble hair colour adalah pigmennya cenderung tidak sekuat cat rambut biasa. 




    Bagaimana Cara Menggunakan Bubble Hair Colour?

    Untuk menggunakan bubble hair colour, kamu harus meraciknya terlebih dahulu. Produk cat ini menyediakan dua cairan yang perlu dicampur ke dalam botol yang telah disediakan, yakni larutan pewarna (dye solution) dan developer. Campur kedua larutan tersebut dengan menggoyangkan botol secara perlahan—jangan dikocok, karena dapat menghasilkan gelembung udara yang dapat mengganggu proses pembuatan cat menjadi busa.

    Setelah dicampur, tekan pompa botol untuk mengeluarkan busa lalu oleskan pada rambut, mulai dari bagian akar hingga bagian ujung rambut. Lakukan ini hingga seluruh bagian rambut yang ingin kamu warnai tertutup busa, lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit (atau sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan). Kalau sudah selesai menunggu, bilas rambutmu menggunakan air. Mudah sekali, kan


    Rekomendasi Produk Bubble Hair Colour

    Tertarik untuk mencoba? Berikut adalah beberapa produk bubble hair colour pilihan Cosmo:

    Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring


    Bubble hair colour dari merek kecantikan asal Korea Selatan ini memiliki pigmen yang cukup kuat dan tidak akan membuat rambut kering dan kasar. Mulai dari pilihan warna mencolok seperti biru tua dan oranye terang, hingga varian warna coklat yang natural, produk ini menawarkan berbagai macam warna yang cocok untuk berbagai gaya.


    Liese Creamy Bubble Color

    Liese, merek perawatan rambut asal Jepang, menawarkan Creamy Bubble Color yang tersedia dalam 16 pilihan warna. Yes, ada 16 pilihan warna! Jika ingin tampilan natural, kamu bisa memilih ragam warna coklat dari rangkaian Natural Series. Atau mungkin kamu ingin tampil berbeda seperti idola K-pop? Tak masalah! Liese Creamy Bubble Color juga menyediakan rangkaian Design Series yang menawarkan warna-warna unik seperti pastel pink, biru, dan mint ash




    Mise en Scene Hello Bubble Foam Color




    Para penggemar BLACKPINK mungkin sudah cukup familier dengan produk yang satu ini—jelas saja, karena keempat personil BLACKPINK menjadi wajah Mise en Scene. Hello Bubble Foam Color tersedia dalam tiga tipe warna: Red Type yang terdiri dari ragam corak pink, merah, dan oranye, Natural Type yang terdiri dari pilihan warna rambut alami seperti blonde dan coklat, dan Ash Type untuk kamu yang ingin memiliki tampilan rambut dusty.


    Beautylabo Whip Hair Color


    Kalau sedang mencari pilihan warna natural yang beragam, coba tengok Whip Hair Color dari Beautylabo. Rangkaian produk ini menawarkan 15 pilihan warna natural yang cocok untuk berbagai warna kulit. Ada coklat tua, coklat muda, honey lemon, dan bahkan ada sakura pink, warna pink kecoklatan yang cantik. Try it!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Anastasiya Lobanovskaya from Pexels, Dok. Etude House, Liese, Mise en Scene, Beautylabo)