Beauty

Perbedaan Body Mist, Cologne, Eau de Toilette, dan Parfum

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/7/2019
  • Tinggal di Indonesia yang bercuaca panas, sepertinya menggunakan parfum adalah suatu kewajiban, terutama jika memiliki jadwal padat atau sering beraktivitas di luar ruangan. Nah, namun jangan asal pilih parfum, girls, apakah kamu tahu kalau parfum tersedia dalam berbagai jenis? 

    Mungkin kamu sering melihat label 'Eau de Toilette', 'Eau de Parfum', dan sebagainya pada botol parfum, tapi sudahkah kamu mengetahui arti label tersebut? Yuk, pelajari perbedaan tipe-tipe parfum agar bisa memilih minyak wangi yang sesuai dengan kebutuhanmu!




    Body Mist

    Apakah kamu penggemar body mist? Jenis minyak wangi ini mudah ditemukan di pasaran dan harganya pun bisa dibilang terjangkau—tapi wajar saja, karena body mist hanya mengandung 2% essential oils, bahan kandungan yang membuat parfum beraroma. Lalu apa sisa 98% dari kandungannya? Air dan alkohol! Body mist memiliki kandungan konsentrat yang rendah, oleh karena itu aromanya pun hanya tahan selama satu hingga dua jam. Namun kalau kamu ingin menghemat pengeluaran, pilihlah jenis parfum ini. 

    Rekomendasi produk: Bath & Body Works Japanese Cherry Blossom Fragrance Mist

    Where to buy? Gerai Bath & Body Works Indonesia terdekat


    Eau de Cologne


    Nah, kalau body mist hanya tahan selama satu atau dua jam, parfum Eau de Cologne mampu bertahan selama dua hingga tiga jam. Eau de Cologne memiliki kandungan konsentrat yang lebih tinggi dibanding body mist, yakni 3-5%. Masih ada beberapa jenis parfum dengan daya tahan yang lebih lama, tapi jika kamu rasa Eau de Cologne sudah cukup awet, no problem!

    Rekomendasi produk: The Body Shop Fiji Gren Tea Eau de Cologne

    Where to buy? Gerai The Body Shop Indonesia terdekat


    Eau de Toilette

    Selain Eau de Cologne, ada pula Eau de Toilette. Jenis parfum ini mengandung essential oils sebanyak 4-15%, dan tentunya Eau de Toilette mampu tahan lebih dari tiga jam—lebih tepatnya sekitar empat hingga lima jam. 



    Rekomendasi produk: Dior Miss Dior Roller Pearl Eau de Toilette

    Where to buy? Sephora Indonesia


    Eau de Parfum

    Girls, apakah kamu pernah melihat parfum dengan label 'Eau de Parfum'? Minyak wangi yang tergolong dalam kategori ini memiliki kandungan essential oils yang cukup tinggi, yakni 15-20%. Jenis parfum ini awet hingga delapan jam!

    Rekomendasi produk: Moschino Toy 2 Eau de Parfum

    Where to buy? Gerai Sephora Indonesia terdekat


    Parfum atau Extrait De Parfum

    Jenis parfum dengan kandungan konsentrat terbanyak adalah, drumroll please... Parfum! Yes, minyak wangi yang tergolong dalam kategori ini mengandung essential oils sebanyak 20-30%. Tentunya, daya tahannya pun yang paling tinggi, aroma Parfum (atau biasa disebut Extrait de Parfum) mampu bertahan hingga seharian, lho! Hanya sekali semprot, kamu akan wangi sepanjang hari.

    Rekomendasi produk: Chanel N°5 Parfum

    Where to buy? Gerai Chanel Indonesia terdekat


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram, The Body Shop Indonesia / Layout: Maya Rahmawati Putri)