Better You

Mengapa Moon Sign Penting di Zodiakmu?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/7/2019
  • Mungkin untuk beberapa orang hal-hal yang berbau astrologi terdengar seperti omong kosong—I mean, harus diakui kalau kedengarannya agak kurang masuk akal, sih, jika kepribadian seseorang hanya didasarkan pada satu zodiak, dan zodiak pun hanya ada 12, sedangkan karakter orang di dunia ini sungguh beragam.

    Kalau kamu masih berpikiran seperti itu, mungkin kamu belum mengulik ilmu astrologi yang sebenarnya jauh lebih rumit daripada yang kebanyakan orang kira. Betul, setiap orang memang memiliki zodiak yang dapat diketahui berdasarkan tanggal dan bulan lahir, tapi itu hanyalah satu dari sekian zodiak yang dimiliki seseorang—yup, there's more, dan salah satu "karakter" zodiak yang berperan cukup penting dalam membangun karakter seseorang adalah moon sign. Mari kita pelajari!




    Apa itu moon sign?

    Pada dasarnya, moon sign menunjukkan kepribadianmu yang sesungguhnya, sifat-sifat yang mungkin hanya diketahui oleh dirimu atau orang lain yang benar-benar mengenalmu secara dekat. Apakah moon sign biasa kamu gunakan untuk membaca horoskop? Tidak! Zodiak yang biasa digunakan untuk membaca ramalan biasa adalah sun sign, atau bisa juga disebut star sign. Sun sign juga menunjukkan kepribadianmu, tapi berbeda dari moon sign, sun sign menunjukkan karakter yang ingin kamu capai, sifat-sifat ideal yang ingin kamu miliki dan ingin orang lain lihat. Dengan kata lain, moon sign adalah kepribadianmu tanpa filter. Sejauh ini, mengertikah kamu?



    Mengapa moon sign patut diperhatikan?

    Moon sign mengungkapkan emosi, kekhawatiran, kegemaran, dan obsesi seseorang. Dengan mengetahui moon sign, kamu bisa lebih memahami perasaanmu serta hubungan-hubungan yang kamu miliki, seperti pertemanan, kehidupan cinta, dan lainnya. Kamu pun bisa lebih mengerti emosi dan pikiran yang sering kamu rasakan—semisal kamu mudah cemburu tapi selalu dipendam, atau mungkin diam-diam super kompetitif, pasti terkadang kamu bertanya-tanya, "Mengapa, sih, aku begini?", "Kenapa perasaan ini tiba-tiba muncul?". Nah, moon sign dapat mengungkapkan perasaan-perasaan tersebut.



    Selain mempelajari karakter diri sendiri, moon sign juga bisa digunakan untuk lebih memahami perasaan orang lain. Contohnya, sahabatmu adalah seorang Cancer, zodiak yang identik dengan sifat tertutup dan tidak suka menjadi pusat perhatian, tetapi pada kenyataannya ia justru gemar bersosialisasi dan suka perhatian. Nah, jangan kaget kalau ternyata moon sign-nya adalah Gemini, zodiak yang suka bergaul dan suka berada dalam spotlight.


    Bagaimana cara mengetahui moon sign seseorang?

    Moon sign ditentukan berdasarkan posisi bulan pada hari kelahiranmu (sedangkan sun sign berdasarkan posisi matahari), itu sebabnya orang yang memiliki bulan lahir yang sama denganmu belum tentu memiliki sifat-sifat yang sama, karena posisi bulan berganti setiap sekitar dua hari maka kemungkinan ia memiliki moon sign yang berbeda. Kamu bisa menggunakan situs CafeAstrology untuk mengetahui moon sign-mu. 


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Oleg Magni from Pexels, GIPHY)