Lifestyle

Daftar Makanan Sehat Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

  by: Kezia Calesta       6/7/2019
  • Apakah kamu tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia? Penyakit jantung seringkali disebabkan oleh kolesterol tinggi yang dimulai dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. So, ingat untuk mencegah kolesterol tinggi sejak dini agar tubuh tetap fit! Berikut adalah daftar makanan terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


    1. Oatmeal

    Cara termudah untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat adalah dengan menyantap havermut untuk sarapan! Havermut atau oatmeal mengandung beta-glucan, semacam serat yang dapat menurunkan kolestrol jahat sebanyak 7% jika dimakan secara reguler. Tahukah kamu bahwa ada lebih dari 50 macam nutrisi yang terkandung dalam oatmeal? Mulai dari serat, protein, vitamin B1, B2, B3, kalsium, magnesium, hingga zat besi, oatmeal tidak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga dapat menurunkan risiko sakit jantung, menstabilkan gula darah, dan membantu pencernaan.




    2. Dark Chocolate

    Girls, ada baiknya kamu menukar camilan manis dengan dark chocolate (minimal 70%) - selain mengandung serat, zat besi, magnesium, dan mineral lainnya, kandungan flavonoid di dalamnya dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kestabilan kolesterol dalam darah dengan meningkatkan HDL.


    Baca Juga: Terjawab, Pertanyaan Penting Tentang Kolesterol!


    3. Ikan Salmon

    Ikan salmon segar kaya akan lemak baik omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah. Memakan salmon dapat meningkatkan kolesterol baik HDL, namun mengkonsumsi ikan salmon secara berlebihan juga dapat meningkatkan level LDL. Maka dari itu, batasi konsumsi salmon dengan menyantapnya sebanyak 1-2 kali per minggu saja.


    4. Kacang Almond

    Kacang almond mengandung lemak baik, serat, protein, magnesium, dan vitamin E yang sempurna untuk menahan lapar dan menurunkan berat badan. Namun kacang ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah juga, lho. Almond kaya akan L-arginine, semacam amino acid yang melancarkan produksi nitric oxide dalam tubuh dan meregulasi tekanan darah. Ditambah lagi, ada juga kandungan phytosterols yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.




    Baca Juga: Strategi Mengurangi Kolesterol Makanan


    5. Buah-buahan

    Buah apel, anggur, stroberi dan citrus fruits seperti jeruk mengandung serat pectin yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL sebanyak 10%. Ada juga kandungan bioaktif dan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolestrol adalah buah avokad - superfood ini kaya akan lemak tak jenuh dan serat yang bisa menurunkan lemak jahat LDL dan meningkatkan lemak baik HDL. Riset telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi satu buah avokad setiap hari akan mengalami penurunan kolesterol LDL.


    Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ketahui Dulu 5 Jenis Lemak dalam Tubuh


    6. Teh

    Teh hijau dan teh hitam memiliki dua kandungan yang penting untuk menstabilkan kolesterol: ada catechin yang mengaktivasi nitric oxide untuk menyehatkan tekanan darah, dan ada juga quercetin yang bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan inflamasi.


    (Kezia Calesta / Image: doc. freepik.com)