Beauty

Ingin Membuat Masker di Rumah? Ini yang Harus Diperhatikan!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/7/2019
  • Selain untuk menghemat uang, membuat masker wajah sendiri di rumah memberimu kesempatan untuk bereksperimen dengan bahan-bahan alami. Lebih ramah saku, bebas bahan kimia, serta lebih ramah lingkungan? Hmm... memang kedengarannya menarik, tapi sebelum mencari resep masker dan bergegas ke supermarket terdekat untuk membeli bahan-bahannya, simak dulu lima hal berikut yang wajib kamu ketahui sebelum meracik masker sendiri di rumah!




    1. Pastikan Peralatan dan Bahan Masker Higienis

    Girls, perlu diingat bahwa produk kecantikan yang biasanya kamu beli di toko kosmetik atau sejenisnya adalah hasil produksi pabrik yang steril, dan produk yang dijual pun telah lulus quality control (kontrol kualitas). Lain cerita dengan produk kecantikan buatan sendiri, seperti masker DIY, dapur dan kamar mandimu belum tentu 100% steril, kan?

    Nah, walaupun mungkin tidak bisa sebersih pabrik, ada baiknya jika kamu memastikan seluruh peralatan (mangkuk, sendok, kuas) telah dicuci dan bahan-bahan yang akan digunakan masih segar (tentunya kamu tidak ingin menggunakan  bahan yang sudah kadaluarsa!). Dan jangan lupa mencuci tangan sebelum mulai membuat masker, ya!


    2. Gunakan Takaran yang Tepat

    Percaya, deh, sama Cosmo, ada waktu yang tepat untuk sok tahu, dan saat membuat masker sendiri di rumah bukanlah waktu yang tepat! Sama seperti memasak makanan, kamu pun wajib mengikuti resep yang tersedia saat membuat masker.

    Apalagi jika ini adalah pertama kalinya kamu bereksperimen dengan resep kecantikan DIY, main aman dulu saja—menggunakan suatu bahan dalam takaran yang berlebihan bisa berbahaya, dan menggunakannya dalam jumlah yang terlalu sedikit kemungkinan membuat masker tidak efektif, jadi gunakan takaran yang pas untuk seluruh bahan yang dibutuhkan.


    3. Pilihlah Bahan yang Ramah Pada Kulit

    Mungkin kamu sering melihat produk kecantikan yang mengandung lemon, jeruk, kayu manis (cinnamon), dan sebagainya, tapi produk-produk tersebut telah dirancang secara profesional dan menggunakan bahan-bahan alami dengan jumlah yang aman, atau mungkin menyeimbangkan tingkat keasamannya menggunakan bahan kandungan lain. 



    Ingin tahu yang sebenarnya? Bahan alami tidak melulu ramah pada kulit. Buah citrus seperti lemon dan jeruk memiliki tingkat keasaman yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan langsung pada kulit, dan mengaplikasikan kayu manis langsung pada wajah juga mampu menyebabkan iritasi.

    Tidak semua orang akan mengalami iritasi jika memakai bahan-bahan tersebut, itu sebabnya ada beberapa resep masker DIY yang menggunakan lemon, jeruk, dan kayu manis, karena tipe kulit manusia bervariasi. Jadi kalau kamu memiliki kulit sensitif, atau ingin berjaga-jaga, hindari penggunaan bahan-bahan yang tingkat keasamannya tinggi


    4. Masih Ragu? Patch Test to the Rescue!

    Agar ekstra aman, lakukan patch test terlebih dahulu. Gunakan sedikit masker pada leher atau bagian belakang kuping untuk memeriksa jika kulitmu cocok dengan hasil racikanmu atau tidak.


    5. Jangan Biarkan Terlalu Lama!

    Membiarkan masker semalaman memberi waktu lebih untuk kulit agar bisa meresapi manfaatnya secara maksimal? No, no, no! Membiarkan masker terlalu lama bisa membuat kulit kering, gatal-gatal, atau bahkan iritasi. Menggunakannya selama 10-15 menit saja sudah cukup—atau sesuai dengan resep yang kamu tiru.


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Brooke Lark on Unsplash, GIPHY)