Beauty

Inilah Tipe-Tipe Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/7/2019
  • Cosmo yakin banyak dari kalian pernah memiliki kulit yang berjerawat, dan saat jerawat muncul, pasti kamu ingin menghilangkannya, kan? Nah, sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui tipe-tipe jerawat agar lebih mengenal penyebabnya. Kalau ingin tahu, yuk, simak!


    1. Komedo

    Ketika pori-pori atau folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati, timbul-lah komedo. Mungkin selama ini kamu mengira komedo adalah bintik-bintik hitam pada wajah, tapi sebenarnya itu hanya salah satu tipe komedo yang dinamakan blackhead



    Blackhead

    Blackhead adalah komedo yang terbuka. Mungkin kamu pernah mengalaminya pada bagian hidung atau T-zone, dan wajar saja, sih, karena area-area tersebut biasanya memproduksi minyak paling banyak. Karena tipe komedo ini tereskpos pada udara dan kotoran, minyak yang dikandung teroksidasi sehingga jerawat menjadi berwarna hitam. 


    Whitehead

    Berbeda dengan blackhead, whitehead adalah tipe komedo tertutup. Jenis jerawat ini juga disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, hanya saja warnanya putih karena terlindungi oleh lapisan kulit. Tekstur whitehead pun cenderung lebih basah dan berminyak dibandingkan blackhead yang keras.


    2. Cystic acne

    Pernah memiliki jerawat yang besar, merah, dan meradang? Bisa jadi kamu mengalami cystic acne alias jerawat kistik. Mirip dengan komedo, jerawat kistik juga disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan bakteria. Jenis jerawat ini biasanya bernanah dan mampu menyebabkan rasa sakit karena letaknya bisa mencapai lapisan kulit dalam. Kalau jerawat kistik timbul saat sedang menstruasi, jangan kaget, girls, karena tipe jerawat ini juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon.




    3. Pustule

    Pustules atau jerawat pustula ada tipe jerawat yang meradang—bayangkan whitehead yang merah, meradang, dan berisi nanah. Jerawat pustula bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman, tapi jangan dipecahkan, ya! Bagian wajah lain dapat terkena bakteri yang dikandung jerawat, membuat kondisi kulitmu tambah buruk. Sebaiknya konsultasi dengan dermatolog agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyembuhkan jerawat ini.


    4. Papule

    Next, ada pula jerawat papula (papule), tipe jerawat yang tampak seperti benjolan pada wajah, ukurannya bervariasi mulai dari sekecil butiran gula, hingga sebesar koin seribu rupiah. Papula tidak berisi nanah, tapi tipe jerawat ini lebih sakit dibanding jenis-jenis jerawat yang telah dibahas sebelumnya. Karena tertutup lapisan kulit dan teksturnya pun cenderung tebal, memecahkan jerawat papula dapat membuat kulit luka, serta bekas lukanya pun sulit untuk hilang, so don't pop it!


    5. Nodule

    Jerawat nodula atau nodule bisa dibilang agak mirip dengan jerawat kistik: besar, meradang, dan terletak di lapisan kulit dalam. Jerawat ini biasanya terasa keras dan sakit. Walaupun meradang, jerawat nodula seringkali tidak memiliki warna merah, dan justru warnanya sama dengan warna kulit.


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Ayo Ogunseinde on Unsplash )