Better You

Awas, Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Begadang

  by: Kezia Calesta       11/7/2019
  • Deadline alert! Kamu harus menyelesaikan pekerjaan malam ini juga, maka kamu berpikir, “Saya akan begadang untuk mengejar deadline. Apa sih, hal terburuk yang bisa terjadi?” Girls, jangan meremehkan tidur – ada banyak konsekuensi yang harus ditanggung tubuh saat kamu begadang. 





    1. Kurang tidur = mabuk alkohol

    Setiap orang perlu mendapat 8 jam tidur agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Menurut Dr. Janette Nesheiwat, direktur medis di CityMD, “Efek kekurangan tidur hampir sama berbahayanya dengan meminum alkohol.” Tidak percaya? Sebuah studi menemukan bahwa partisipan yang memiliki kadar alkohol .05 persen dalam darahnya dapat bekerja lebih baik ketimbang dengan partisipan yang tidak tidur setelah 17-19 jam.


    2. Daya ingat menurun

    “Banyak informasi yang diserap oleh otak saat kamu sadar akan diproses saat tidur,” ungkap Dr. David Greuner dari NYC Surgical Associates. “Selain memberikan dampak buruk terhadap daya ingat otak, kemampuanmu untuk menyelesaikan masalah juga terganggu, ditambah lagi dengan tingkat waspada, atensi, konsentrasi, dan kemampuan untuk mengambil keputusan. Otak kamu menjadi tidak efisien.”



    Sebuah riset oleh Berkeley di tahun 2013 menemukan bahwa ingatan jangka pendek kamu berpindah ke bagian otak yang menyimpan ingatan jangka panjang saat kamu tidur. Maka dari itu, saat kamu kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak berpindah ke prefrontal cortex untuk disimpan… dan memori tersebut pun akan dilupakan. So, untuk kamu yang ingin begadang sebelum menjalankan ujian atau presentasi… pikirlah dua kali sebelum melakukannya!




    3. Membuat kamu ingin makan berlebihan

    Kurang tidur dapat berdampak buruk terhadap kebiasaan makanmu. “Kurang tidur dapat mengubah metabolisme glukosa. Tingkat ghrelin (hormon yang mengirimkan signal lapar ke tubuh) bertambah sedangkan tingkat leptin (hormon yang mengirimkan signal kenyang) menurun,” jelas Kimberly Fenn, Associate Professor of Psychology di Michigan State University. Maka dari itu, kamu akan sering merasa lapar, dan gawatnya, tubuhmu juga tidak bisa memproses glukosa dengan baik. Daripada menyantap cemilan yang tidak sehat, lebih baik mencoba resep smoothie sehat dari Cosmo yang dapat membantu meredakan insomnia!


    4. Menjadi sumber penyakit

    Saat kurang tidur sudah menjadi sebuah kebiasaan, tingkat stres, diabetes, dan kemungkinan obesitas dapat meningkat akibat level ghrelin yang tinggi. Menurut Kimberly, risiko stroke, tekanan darah tinggi, depresi dan penyakit jantung juga bisa meningkat.



    Saat kamu harus begadang, ingat untuk mengurangi konsumsi kafein di hari esok. Sebaiknya, tingkatkan konsumsi air putih, sayuran dan buah agar tubuh mendapat nutrisi. Ingat juga untuk beristirahat dan power nap jika kamu mendapat waktu luang. Ingin meningkatkan kualitas tidur kamu? Hindari 7 kebiasaan buruk ini.


    (Image: doc. unsplash.com / Source: greatist.com)